05 October 2022, 13:29 WIB

Tata Motors Hadirkan Pikap Terbaru Intra V20 di Indonesia


Mediaindonesia.com |

Pertumbuhan ekonomi Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara yang mencapai 5,44% di kuartal kedua 2022. Sebagai bentuk upaya untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menghadirkan model pikap terbaru Tata Intra V20 untuk menggantikan Tata Super Ace yang telah hadir sebelumnya.

“Kami sadar bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia yang tinggi tidak lepas dari dukungan industri logistik yang kuat. Tata Motors berkomitmen mendukung industri fundamental tersebut melalui produk terbaru kami, Tata Intra V20,” ujar President Director TMDI Pankaj Jain, Senin (4/10).

Tata Intra V20 memeiliki karakter yang sesuai dengan kebutuhan bisnis logistik di Indonesia. Diantaranya adalah sasis berteknologi hydroforming yang lebih tahan karat dan mampu membawa beban lebih dari satu ton. Agar lebih awet, sasisnya ditopang oleh suspensi model semi eliptic di bagian depan dan belakang. "Bisa dibilang, Tata Intra 20V ini merupakan truk berukuran kecil,:" ujar Deputy GM Sales and Leasing Augustin Lumban Tobing dalam presentasinya.

Bagian kabin juga dirancang lebih lapang berkat penempatan tongkat transmisi di bagian dasbor, sehingga lantai kabin menjadi rata. Penempatan tongkat transmisi juga memungkinkan adanya penambahan bangku bagian tengah sehingga kabinnya mampu menampung tiga orang.

Selain itu disediakan berbagai wadah yang fungsional untuk menempatkan berbagai barang kecil seperti coin, ponsel dan lain sebagainya. Bahkan pada varian V20AC telah dilengkapi dengan penyejuk dan penghangat kabin. 

Performa Tata Intra V20 didukung oleh mesin diesel common rail direct injection (CRDI) berstandar emisi euro 4, yang selain sesuai regulasi pemerintah, tetapi juga kompatibel dengan bahan bakar B30 sehingga dapat dioperasikan di lokasi yang sulit untuk mendapatkan BBM berkualitas tinggi. Mesin baru ini diklaim lebih kuat, dan lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan Generasi Tata Super Ace.

Mesin yang dilengkapi turbocharger dan intercooler ini mampu menghasilkan 70 hp pada 4.000 rpm dan torsi maksimal yang ditingkatkan mencapai 140 Nm antara 1.800-3.000 rpm yang memungkinkan Intra V20 memiliki gradeability 45% sehingga dapat menanjak secara optimal.

Terkait hal itu, Pankaj menyatakan bahwa Tata Intra V20 juga telah teruji penggunaannya pada berbagai kondisi medan. Ia juga optimistis pikap terbaru pengganti Tata Super Ace yang dibanderol dengan harga mulai Rp159 juta ini mampu memenuhi kebutuhan bisnis logistik di Indonesia, mulai dari pertanian, perkebunan, maupun perusahaan Fast-moving consumer goods.

Rekan-rekan media juga diberi kesempatan untuk mencoba mengendarai pikap tersebut untuk merasakan kendaraan langsung dengan tambahan beban satu ton di bagian bak, termasuk berputar balik untuk mencoba kemampuan manuvernya. 

“Kami berharap peluncuran Tata Intra V20 ini dapat mendukung momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia yang cepat dan dinamis kedepannya,” tutup Pankaj. (S-4)

BERITA TERKAIT