08 August 2022, 20:47 WIB

AHM Rilis Motor Retro Klasik Honda ST125 Dax


RO |

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan sepeda motor unik dan ikonik Honda ST125 Dax yang diklaim mampu menghadirkan sensasi berkendara yang santai dan menyenangkan. Model yang diperkenalkan pertama kali secara global pada 1969 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup dan hobi berkendara.

President Director AHM Keiichi Yasuda mengatakan, pihaknya menghadirkan Honda ST125 Dax yang ikonik dan memberikan sensasi nostalgia. Model ini memiliki daya pikat tersendiri sebagai bagian dari gaya hidup dan hobi bagi pecinta sepeda motor di Indonesia. 

"Secara spesial, kami hadirkan produk ini secara perdana pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, dan kami mengajak anda hadir di sana untuk melihat serta menjawab rasa penasaran terhadap produk ikonik ini,” papar Yasuda, melalui siaran resminya, Senin (8/8). 

Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan semakin berkembangnya pecinta sepeda motor yang menjadikan berkendara sebagai bagian dari gaya hidup, Honda ST125 Dax akan melengkapi kebanggaan dalam mengekspresikan penampilan pengendara yang berani tampil unik dan berbeda. 

“Gaya hidup pengendara motor saat ini semakin beragam. Kami ingin dapat terus melakukan inovasi dalam menghadirkan beragam sepeda motor di berbagai segmen. Hadirnya Honda ST125 Dax tentu menjadi pilihan bagi pengendara yang menginginkan sepeda motor berdesain tak lekang oleh waktu sebagai bagian cara mereka mengekspresikan diri,” ujar Loman. 

Kendaraan yang mengusung konsep iconic leisure bike ini, menghadirkan tampilan khas dari generasi pertama melalui rangka T-shape-nya yang ikonik dan memberikan kesan unik. Selain itu, rangka T-shape ini juga berfungsi sebagai tempat penampungan bahan bakar yang membuat sepeda motor ini terlihat simple. 

Di bagian tengah rangka, tersemat garis berwarna hitam dengan tulisan Dax yang khas. Di samping tulisan tersebut terdapat logo wing Honda klasik yang menjadi warisan identitas spesial dari sepeda motor Honda. Sementara itu logo ST125 hadir dengan sentuhan kartun dari anjing Dachsund yang membuat motor ini semakin unik.

Kesan retro juga diperkuat desain stang berwarna krom yang diposisikan tinggi untuk kenyamanan berkendara serta bentuk knalpot ikonik dengan pelindung krom.  Desain lampu bulat ikoniknya juga telah didukung pencahayaan LED dan terdapat pada lampu depan, belakang, dan sein yang memberikan kesan modern dan pencahayaan yang baik, sementara digital panelmeter dengan negatif display memberikan kesan simple namun tetap informatif. 

Kendaraan ini memiliki jok dengan ketinggian 778mm dengan jarak sumbu roda 1.198 mm ini dibekali suspensi depan inverted telescopic dan suspensi belakang lengan ayun ganda. Perangkat penahan laju motor berbobot 107 kg ini mengandalkan rem cakram berdiamater 220 mm di bagian depan dan 190 mm di bagian belakang.
  
Perangkat rem dilengkapi sistem ABS dengan Inertial Measurement Unit (IMU). Ban berdiameter 12 inciyang tersemat pada model ini memberikan kesan tangguh dan bergaya, serta menghadirkan traksi yang baik saat berkendara di jalan. Ban depannya berukuran 120/70 dan ban belakangnya berukuran 130/70. 

ST125 Dax dibekali mesin SOHC 125cc 4 percepatan dikombinasi sentrifugal clutch yang mendukung berkendara di area perkotaan dan aktivitas berkendara yang santai. Meskipun mengusung aura retro ini ditunjang teknologi PGM-FI, sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 6,6 kW pada 7000 rpm dan torsi maksimal 10.4Nm pada 5.000 rpm. 

Honda ST125 Dax ditawarkan dalam dua varian warna yaitu Pearl Nebula Red dan Pearl Cadet Gray. Keduanya dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp81,75 juta. (S-4)

BERITA TERKAIT