08 August 2022, 16:41 WIB

Mobil Listrik Wuling Air ev Resmi Diproduksi di Indonesia


Mediaindonesia.com |

WULING Motors (Wuling) secara resmi mengumumkan dimulainya produksi mobil listrik Air ev di pabrik PT SGMW Motor Indonesia di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8). Peresmian produksi perdana Air ev ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita serta jajaran manajemen Wuling.

Dalam sambutannya Presiden Direktur Wuling Motors, Shi Guoyong menyampaikan, Wuling hadir di Indonesia pada 2015, dan hanya dalam beberapa tahun, investasi Wuling sudah mencapai 1 miliar dolar AS dengan total produk yang diperkenalkan saat ini sudah enam jenis. Berkat produk yang sesuai dengan kebutuhan dan diterima dengan baik oleh masyarakat, Wuling berhasil menumbuhkan pangsa pasarnya dan menempati posisi ke enam di pasar otomotif Indonesia. 

Terkait dengan tren kendaraan listrik yang juga mulai marak di Indonesia, Shi Guoyong menjelaskan bahwa Wuling merupakan salah satu perusahaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai terbesar di dunia.

"Kendaraan listrik yang kami hadirkan hari ini, adalah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai terbaru yang dikembangkan oleh Wuling untuk Dunia, dan Indonesia telah menjadi stasiun peluncuran perdana," ujar Guoyong, Senin (8/8).

Kendaraan terbaru ini merupakan salah satu wujud kontribusi perusahaan terhadap penghematan energi, pengurangan emisi, yang sekaligus sebagai dukungan dalam menciptakan kehidupan yang lebih ramah lingkungan.

Menko perekonomian Airlangga Hartarto menyempaikan apresiasi atas inisiatif Wuling dalam meluncurkan Air ev yang sudah sepenuhnya diproduksi di Indonesia, di PT SGMW Cikarang yang memiliki nilai investasi sekitar Rp15 triliun dan mempekerjakan 10.000 tenaga kerja.

"Dengan peluncuran ini, diharapkan masyarakat Indonesia bisa menggunakan kendaraan BEV yang harganya affordable, dan dapat menciptakan emisi yang zero dan kota-kota yang semakin banyak menggunakan BEV, tingkat pencemaran lingkungannya akan lebih baik. Saya berharap pemerintah daerah akan membebaskan pajak-pajak daerahnya. Sehingga dengan demikian, harganya semakin terjangkau lagi," ujar Airlangga.

Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani mengatakan bahwa kendaraan listrik Wuling Air ev ini rencananya akan dipasarkan dengan estimasi harga di rentang Rp250 juta-Rp300 jutaan.

"Soal kepastian harganya, nanti kami akan sampaikan secara resmi di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2022. Sabar saja tinggal beberapa hari lagi," ujar Dian.

Dian juga menambahkan, Air ev diproduksi di Indonesia dengan kapasitas 10.000 unit per tahun. "Memang sudah ada beberapa negara yang menyatakan minatnya terhadap kendaraan ini. Namun untuk saat ini, kapasitas produksi masih difokuskan untuk pasar domestik (Indonesia)," tutup Dian. (S-4)

BERITA TERKAIT