23 June 2022, 15:46 WIB

EMLI Luncurkan Layanan Analisa Gemuk Industri


Mediaindonesia.com |

GREASE merupakan salah satu komponen penting pada berbagai alat di berbagai lini industri, termasuk pertambangan dan manufaktur. Pemilihan grease atau gemuk akan berdampak pada kinerja, hasil, dan umur komponen yang digunakan. Oleh karena itu, saat ini layanan analisa grease diperlukan dalam mendukung dan memaksimalkan kegiatan operasional.

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) memperkenalkan layanan terbaru 'Mobil Serv Grease Analysis' kepada para pelaku industri di tanah air. Layanan ini hadir melengkapi layanan laboratorium analisa pelumas Mobil ServSM di Indonesia yang sudah ada sebelumnya.

Perkenalan layanan baru ini dilangsungkan bersamaan dengan seminar offline bersama Perkumpulan Tenaga Ahli Alat Berat Indonesia (PERTAABI), dan EMLI yang digelar di The Westin Hotel, Jakarta, Kamis (23/6), dan dihadiri lebih dari 100 partisipan.

Mobil ServSM Grease Analysis adalah layanan pengujian grease yang sangat berguna untuk mengetahui informasi dan mengidentifikasi permasalahan pada grease yang digunakan untuk membantu para pelaku industri dalam memaksimalkan penggunaan grease pada alat-alat yang digunakan. Layanan ini sama halnya dengan yang dilakukan untuk layanan pengujian pelumas, dimana sudah banyak memberikan keuntungan kepada pengguna layanan Mobil Serv.

Presiden Direktur EMLI Syah Reza menyatakan perusahaannya sangat mengedepankan nilai kepedulian dan keunggulan dalam setiap layanan dan produk yang diberikan, oleh karena itu layanan baru ini hadir sebagai bentuk komitmen kami dalam memahami kebutuhan para pelaku industri yang kian hari butuh dukungan dalam hal perawatan alat-alat industri. 

"Diharapkan adanya layanan baru dari Mobil Serv ini dapat memberikan dampak positif, bukan hanya dalam jangka pendek, namun jangka panjang yang berujung pada kelangsungan bisnis dan operasional, sehingga target yang dikejar dapat diraih secara maksimal.” ungkap Syah Reza, Kamis (23/6). 

Mobil Serv Grease Analysis memungkinkan para pengguna grease untuk mendapatkan informasi awal mengenai potensi terjadinya permasalahan atau peringatan dini mengenai performa grease, sehingga konsumen dapat menyesuaikan penjadwalan kegiatan pemeliharaan, demi mengurangi resiko kegagalan pada unit produksi yang kritikal. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan masa pakai komponen dan pengurangan suku cadang, yang juga akan berdampak pada biaya perawatan.

Market Development Director EMLI Sri Adinegara mengatakan, pihaknya akan terus melakukan rangkaian kegiatan guna mengkomunikasikan pentingnya perawatan alat-alat industri secara berkala. Selain itu perusahaan telah merencanakan beberapa kegiatan offline dan online kedepannya.

"Kami berharap tidak hanya mengenalkan layanan baru kami, tapi juga dapat memberikan edukasi dalam memelihara dan mengidentifikasi secara dini hal-hal yang perlu diantisipasi terhadap alat-alat yang dimiliki para pelaku industri,” ujar Sri Adinegara.

Field Engineering Service General Manager EMLI Blasius Setiawan menjelaskan, dengan adanya analisa grease, kita bisa identifikasi di awal, karena ExxonMobil punya enam jenis pengujian. Dari hasil seluruh pengujian tersebut dapat memperlihatkan kalau grease terkontaminasi, komponen apa yang mengalami keausan, dan lain-lain.

"Jadi fungsi analisa itu tidak hanya memperpanjang usia komponen, tapi juga membantu mengurangi kegagalan. Karena kalau kita bicara downtime, makin kritikal dia, makin mahal downtime-nya," jelas Blasius.

Untuk menggunakan layanan ini, para pelaku industri dapat langsung mengunjungi portal mobilserv.mobil.com, dan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam portal tersebut. Selanjutnya, proses pemeriksaan analisa akan memakan waktu 6 hari kerja semenjak sampel diterima oleh laboratorium Mobil Serv Grease Analysis di Kanada, dan hasilnya akan disampaikan melalui akun konsumen yang didaftarkan pada portal. (S-4)

BERITA TERKAIT