09 April 2022, 23:52 WIB

Audioworkshop Luncurkan Rangkaian Audio Tahan Air 


Mediaindonesia |

DI penghujung pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022 yang berakhir pada Minggu (10/4), PT Audioworkshop memperkenalkan rangkaian produk terbaru dari produsen audio asal Italia, Hertz Car Audio. Masing-masing, power amplifier Hertz HMP 1D, power amplifier Hertz HMP 4D, dan coaxial speaker Hertz Marine HEX 6.5 M-W.

Menurut CEO PT Audioworkshop Wahyu Tanuwidjaja, sesuai dengan namanya, speaker Hertz Marine HEX 6.5 M-W dirancang khusus untuk kondisi lingkungan berair yang ekstrem, seperti di kapal, speedboat, maupun watercraft (jetski). Begitu pula untuk kedua amplifier-nya.

"Amplifier HMP 1D ini adalah amplifier monoblock 1 kanal, sedangkan power amplifier Hertz HMP 4D merupakan amplifier 4 kanal. Selain tahan diguyur air, konsumen tidak perlu khawatir soal kelistrikan karena keduanya adalah amplifier kelas D, jadi konsumsi dayanya jauh lebih efisien," ujar Wahyu, di sela-sela pameran peluncuran produk Hertz terbaru di IIMS hybrid 2022, Sabtu (9/4).

Wahyu juga menjelaskan bahwa speaker Hertz Marine HEX 6.5 M-W merupakan speaker two-way jenis coaxial yang memiliki desain khusus untuk mampu mencegah air masuk ke dalam bagian yang rawan, terutama pada voice coil, magnet dan pole piece dengan penyematan dua buah spider, masing-masing pada bagian belakang cone dan bagian depan tengah cone yang menempel pada dudukan tweeter.

Bagian belakangnya juga ditutup menggunakan bahan plastik khusus kedap air yang melindungi komponen pole piece, magnet dan top plate. Alhasil speaker Hertz Marine HEX 6.5 M-W tahan terhadap guyuran air yang cukup ekstrem.

"Kalau speaker biasa dipasang di lingkungan seperti di kapal, jangankan terkena air, dengan didiamkan terkena hawa laut saja, voice coil speaker langsung macet akibat korosi," jelasnya. 

Berbeda dengan Hertz Marine HEX 6.5 M-W, yang sejak awal perancangannya memang ditujukan untuk penggunaan di dunia maritim. Selain cocok digunakan pada kapal-kapal pesiar, speed boat, maupun watercraft/jetski, speaker ini juga dapat dipasang pada sepeda motor. "Saya pasang di motor (Yamaha) NMax, dan hasilnya bagus," imbuh Wahyu.

Hal senada diungkapkan oleh Sandy Wuntoro dari Sterindo Autosound yang telah memasang speaker tersebut pada sebuah watercraft/jetski konsumennya. "Konsumen saya sangat puas dan bahkan sudah ada satu lagi yang mau pasang di jetski-nya," bisik Sandy. (S-4)

BERITA TERKAIT