22 February 2022, 19:50 WIB

Rifat Sungkar Ungkap Keunggulan Penggerak Roda Depan Xpander 


Mediaindonesia.com |

MENURUT brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar, penggunaan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD) pada Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross memberikan berbagai kelebihan pada kendaraan keluarga tersebut. Yang paling utama adalah kenyamanan yang diberikan baik bagi pengemudi maupun penumpangnya.

"Beberapa keunggulan ada pada mobil penggerak roda depan dan untuk kendaraan penumpang sebenarnya nyaris tidak ada perbedaan jika berbicara masalah daya jelajah seperti kekuatan menanjak antara penggerak roda depan dan belakang. Ada perbedaan hanya pada mobil-mobil beban berat seperti truk," ungkap Rifat Sungkar.

Dengan sistem FWD tenaga mesin akan tersalur langsung ke roda depan tanpa perlu tambahan beban komponen berupa gardan termasuk rumah diferensial terpisah untuk bisa menyalurkan putaran mesin pada sistem penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/RWD). Berkurangnya beban tentu akan membuat mesin lebih optimal,dan lebih efisien dalam menyalurkan tenaga putarannya ke permukaan jalan.

Penggunaan sistem FWD juga unggul dari sisi kenyamanan. Dengan tidak adanya gardan di bagian bawah kendaraan yang memungkinkan lantai kabin dibuat rata sehingga lebih lapang, terutama di bagian kaki penumpang belakang yang memberikan kenyamanan khususnya saat menempuh perjalanan jauh. Selain itu, tidak adanya gardan yang berputar di bawah lantai membuat kabin lebih senyap.

Rifat menjelaskan, keuntungan lain pada mobil dengan penggerak roda depan adalah sisi handling. Menurutnya, mobil FWD lebih mudah dikendalikan. Dengan kata lain, pengemudi lebih mudah mengarahkan kendaraan sesuai dengan keinginannya.

Dengan sistem FWD, Xpander juga memiliki kemampuan traksi yang stabil dan lebih baik terutama saat hujan. Gaya gesek lebih aman karena roda depan yang menarik roda belakang. Berat mesin mobil yang berada di depan dapat membantu traksi lebih aman. Berbeda dengan sistem RWD yang akan cenderung mudah kehilangan traksi saat kabin penumpang tidak berisi muatan. 

Melaju di tanjakan juga lebih mudah berkat Hill Start Assist (HSA) yang tersedia pada varian Mitsubishi Xpander Sport dan Ultimate yang berfungsi membantu pengemudi saat hendak melaju di kondisi jalanan yang menanjak dari posisi berhenti tanpa perlu khawatir kendaraan mundur. Xpander juga dilengkapi Active Stability Control (ASC) pada varian Sport dan Ultimate yang akan aktif otomatis mencegah terjadinya understeer atau oversteer.

"Jadi, tidak benar bila mobil dengan sistem penggerak roda depan seperti Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross dianggap kurang bisa diandalkan khususnya di jalan yang licin," pungkas Rifat. (S-4)

BERITA TERKAIT