21 February 2022, 19:24 WIB

154 Unit Sepeda Motor Brabus 1300R Ludes Terjual Kurang dari Dua Menit!


Mediaindonesia.com |

BAGI para penggemar berat Mercedes-Benz, Brabus bukan nama yang asing. Nama perusahaan tuner yang diambil dari nama pendirinya (Bodo BRAckmann dan Klaus BUSchmann) ini memang jagonya dalam 'mengilik' mesin dan mandandani mobil-mobil Mercedes-Benz.

Namun kali ini, tuner asal Jerman tersebut mencoba hal baru dengan beraliansi dengan produsen sepeda motor KTM untuk merilis street bike edisi terbatas Brabus 1300R yang diambil dari basis KTM 1290 Super Duke R Evo. 

Brabus 1300R tetap mengandalkan mesin LC8 V-Twin 1.302 cc bertenaga 180 hp dengan torsi 140 Nm yang dianggap sudah mumpuni karena dapat melesatkan kendaraan dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3,2 detik! Jadi Brabus labih fokus pada sektor tampilan.

Dengan keahliannya Brabus mengubah sosok sepeda motor Austria ini dengen sentuhan khasnya. Alhasil, Brabus 1300R nampak berbeda dengan tampilan KTM Super Duke aslinya berkat hadirnya lampu utama berbentuk bulat berlogo Brabus dan dua air-scoop persegi yang berada di bagian samping antara mesin dan tangki bahan bakar. Kedua komponen ini semakin terlihat eksklusif berkat hadirnya ornamen serat karbon di bagian atas lampu dan di 'bibir' lubang air-scoop-nya.

Beberapa komponen terbuat dari serat karbon juga menghiasi beberapa bagian motor, seperti pada penutup kecil di bagian bawah mesin, penahan kaki di bagian foot peg, serta penopang spakbor belakang. Brabus juga membuatkan komponen dari bilet logam yang dicap dengan logonya, seperti pada tuas rem dan kopling di bagian setang kemudi, serta tuas pemindah gigi dan rem belakang, 

Yang paling menonjol adalah hadirnya knalpot Brabus slip-on twin-pipe di bagian sisi kanan monster jalan raya tersebut. Tidak ketiggalan sebuah jok custom dengan jahitan motif wajik berlogo Brabus turut mempertegas keunikannya..

Tidak mau memonopoli, Brabus juga menyematkan beberapa komponen kelas atas dari pabrikan terkenal Gilles Tooling pada bagian rearset yang dapat disetel. Sisanya diurus langsung oleh KTM dengan paket elektronik berspesifikasi superbike, termasuk pemasangan suspensi semi-aktif WP Apex terbaru. 

Sebagai salah satu desainer penghasil pelek-pelek legendaris di kalangan penggemar otomotif, khususnya para pecinta Mercedes-Benz,  Brabus juga menyematkan pelek spesial terbuat dari logam tempa berbobot ringan Brabus Monoblock Z. Dari semua ubahan dan sentuhan ulang yang dilakukan, Brabus berhasil memangkas bobot asli KTM Super Duke sebanyak 6 kg.

Pengurangan bobot tentu tidak penting bagi para pembeli potensial. Bagian tersulit adalah bagaimana untuk bisa memilikinya. Pasalnya Brabus hanya akan membuat paket ini sebanyak 154 unit. Sebagian dilabur warna merah magma dan sisanya dilabur warna hitam signature. 

Meskipun dijual dengan harga hampir dua kali lipat dari KTM 1290 Super Duke R Evo, yaitu senilai 39.500 euro, seluruh unit yang ditawarkan secara pre-sale ini langsung ludes hanya dalam tempo 1 menit 55 detik. Begitu formulir pemesanan diaktifkan di situs resmi KTM pada Senin 14 Februari 2002 tepat pukul pukul 15.00 (Waktu Eropa Tengah), motor edisi terbatas itupun habis terpesan kurang dari dua menit. (S-4)

BERITA TERKAIT