18 January 2022, 14:00 WIB

SPD Speedometer Buka Cabang Bersama Youtuber Otomotif Ridwan Hanif


Mediaindonesia.com | Otomotif

BERAWAL dari memanfaatkan garasi kos saat kuliah di UGM, Ikhsan Badruz Zaman (founder) bersama kedua rekannya, Fitrio Gilar Saputra dan Muhammad Yudistira, membuka bisnis custom, servis, dan restorasi speedometer semua jenis kendaraan. Kini bisnis yang diberi nama SPD Speedometer itu telah memiliki tiga cabang di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Bahkan terdengar kabar bahwa mereka akan membuka cabang juga di Surabaya pada tahun ini.

Momen yang menarik perhatian dunia otomotif Indonesia yaitu ketika SPD Speedometer mengumumkan Ridwan Hanif Rahmadi (influencer otomotif dengan subscriber di atas 2,6 juta) pada 2021 masuk menjadi strategic partner sekaligus investor di SPD Speedometer cabang Jakarta dan Bandung. Sebelumnya, Ridwan Hanif ialah pelanggan SPD Speedometer. Dirinya beberapa kali meminta bantuan SPD Speedometer untuk melakukan custom dan servis speedometer kendaraan-kendaraan miliknya.

Pada saat soft opening SPD Speedometer cabang Jakarta September 2021, salah satu konsumen pertamanya ialah Fitra Eri (influencer otomotif sekaligus pembalap nasional). Di sini Fitra Eri baru saja membeli mobil second Mercedes Benz S Class (S350L-W221), tetapi ternyata memiliki masalah kerusakan di instrumen cluster speedometer dan multimedianya. Fitra Eri datang ke SPD Speedometer atas rekomendasi dari Om Mobi. Sebelumnya diketahui bahwa Om Mobi merupakan orang yang pernah memperbaiki LCD Mobil BMW dan Custom Speedometer Sigra Turbo di SPD Speedometer. 

Di saat itu Fitra Eri sedang mencari alternatif bengkel yang bisa melakukan repair pada speedometer mobil mewahnya tersebut. Soalnya, ketika ia menanyakan ke bengkel resmi, biaya perbaikannya sangat mahal, yakni Rp70 juta. Padahal di SPD Speedometer Fitra Eri hanya perlu mengeluarkan biaya repair 10% dari harga di bengkel resmi. Ternyata benar rekomendasi Om Mobi tidak salah. Speedometer dan multimedia milik Fitra Eri mulus kembali seperti baru. Untuk lebih jelasnya, bisa ditonton pada kanal Youtube Fitra Eri.

Selain itu, terdapat tokoh otomotif Indonesia lain yang juga datang ke SPD Speedometer, yakni pembalap nasional Rifat Sungkar. Namun dirinya bukan ingin memperbaiki speedometer, melainkan ingin melakukan custom speedometer untuk Mitsubishi Xpander miliknya agar ada identitas Rifat Sungkar pada speedometernya. "SPD Speedometer telah banyak dipercaya dan didatangi oleh tokoh-tokoh ternama, terutama di dunia otomotif. Padahal pemiliki dari SPD Speedometer merupakan orang yang biasa-biasa saja dan masih muda," ujar Ikhsan Badruz Zaman selaku Founder SPD Speedometer dalam keterangan resmi, Selasa (18/1).

Ikhsan mengatakan beberapa faktor yang membuat SPD Speedometer terpercaya. Pertama, SPD Speedometer telah mengantongi sertifikat SNI ISO 9001:2015. Ini berarti perusahaan ini sudah terjamin mutunya. Dalam memperoleh sertifikatnya, SPD Speedometer langsung dibina oleh BSN (Badan Standardisasi Nasional). SPD Speedometer juga sering mendapatkan penghargaan dari kementerian, universitas, dan swasta atas prestasi kewirausahaanya. SPD Speedometer banyak melakukan ekspor ke berbagai negara.

Baca juga: Shell Indonesia Luncurkan Varian Baru V-Power Diesel 

"SPD Speedometer memiliki pengalaman di dunia speedometer lebih dari tujuh tahun. Selain itu, produk SPD Speedometer bergaransi dan memiliki teknisi yang profesional," ulasnya. Atas kesuksesan SPD Speedometer di industri speedometer mobil, kini SPD Speedometer merambah ke industri speedometer motor dengan nama brand Gearsecond Speedometer. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang SPD Speedometer, konsumen dapat mengunjungi media sosial Instagram-nya di @spd_speedometer maupun bisa menghubungi nomor customer service-nya. (OL-14)

BERITA TERKAIT