13 January 2022, 21:29 WIB

Tak Hanya Cegah Ultraviolet, Soonroof Kendaraan Harus Beri Estetika


mediaindonesia.com | Otomotif

KENDARAAN telah menjadi alat transportasi yang vital dalam kehidupan. Bagi masyarakat urban, dengan gaya hidup yang mobile, kendaraan menjadi bagian tak terpisahkan.

Bahkan dengan kondisi lalu lintas yang padat, pemilik kendaraan atau pengguna kendaraan harus berjam-jam di dalam kendaraan.

Tentunya kendaraan bukan lagi sekedar alat transportasi tetapi kendaraan juga harus memberi kenyamanan bagi penggunaanya.

Salah satu solusi untuk mendapat kenyamanan bagi pengguna kendaraan di tengah terik matahari adalah sunroof.   

Dengan lebih banyak waktu yang dihabiskan di dalam mobil, para pengemudi atau pengguna kendaraan membutuhkan sebuah solusi untuk merasakan kenyamanan dan kualitas mengemudi sehari-hari yang lebih baik.

Salah satu solusinya ialah sistem sunroof, sebagai sebuah fitur sempurna untuk diaplikasikan di kendaraan.

Tentu saja, dalam memilih soonroof atau tabir matahari bukan sekedar melihat fungsinya tapi harus mempertimbangkan apakah sunroof memberi kenyamanan dan juga menambah cantik penampilan kendaraan.

Kini di pasaran banyak ditawarkan sunroof dengan berbagai merek dan variasi harga. Dengan beragam jenis sunroof, bagi calon penggunanya akan dibuat bingung dan sulit menentukan manakah yang sesuai harapan.

Salah satu sunroof yang ditawarkan adalah Webasto yang didesain dengan teknologi dan bahan inovatif.

Sunroof  tak sekadar fungsinya sesuai kebutuhan bagi pengguna kendaraan namun juga memberi kenyamanan dan memberi interior estetik untuk kendaraan.     

Pernyataan tersebut diungkapkan Chief Validation, Webasto Asia Pasifik, Kento Ishikawa.

Kento mengatakan bahwa sunroof Webasto merupakan sunroof inovatif sehingga penampilan kendaraan tampak lebih elegan dengan visibilitas yang baik, sirkulasi udara, serta pengalaman berkendara yang nyaman dan praktis.

"Bagian panel kaca dari sunroof Webasto memberikan perlindungan sempurna bagi pengemudi dengan menyaring setidaknya 95% radiasi ultraviolet (UV)," tutur Kentu.

Untuk proteksi maksimal, pengemudi akan mendapatkan lapisan perlindungan tambahan yang meningkatkan penangkalan sinar inframerah (IR).

Dengan dukungan itu, pengemudi dapat merasakan udara sejuk karena panas berkurang yang dihasilkan soonroof yang terpasang di dalam kendaraan. Soonroof pun meminimalkan risiko sensasi terbakar pada kulit pengguna kendaraan.

"Sunblind umumnya dipasang di bagian dalam roof sistem untuk melindungi pengemudi dari paparan sinar UV dan IR. Switchable glazing juga dapat menjadi salah satu opsi untuk pengalaman berkendara yang mengesankan," papar Kento.

Kento menegaskan bahwa sunroof Websto diproduksi dengan melalui berbagai tahap pengujian untuk memastikan kepuasan pelanggan

Untuk memastikan standar kualitas terbaik, Webasto menguji produknya melalui berbagai tahap proses pengembangan dan produksi.

"Salah satu standar tes Webasto dilakukan dengan menguji produk atap-atap kendaraannya untuk melewati berbagai situasi tantangan lingkungan yang keras, seperti cuaca hujan dan panas yang ekstrem, perubahan siklus iklim, badai, hingga paparan langsung sinar matahari," ucap Kento.

"Kami melakukan uji durabilitas hingga lebih dari sepuluh ribu siklus berbagai kondisi suhu, serta uji kebocoran air dan perubahan suara," jelasnya.

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan kualitas produk terbaik dengan fitur-fitur inovatif, seperti penggunaan polikarbonat, komposit poliuretan, dan teknologi ProTec," tutur Kento.

"Dengan demikian, kami memastikan bahwa di masa depan sunroof dengan bobot yang lebih ringan dapat terus diproduksi," ujar Kento.

Fitur-fitur inovatif lainnya dari sistem sunroof Webasto meliputi:

Roof Sensor Module dengan sensor terintegrasi untuk sistem kemudi otonom yang termasuk manajemen termal & pembersihan

Solar Roofs yang memungkinkan pengemudi untuk mengisi baterai dengan tenaga surya (EU Eco-Innovation)

Convertible Roof untuk atap lunak, atap keras, dan atap konvertibel hybrid

Space-Optimized Roof tamping untuk mengoptimalkan ruang interior dan headroom.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan OEM di Indonesia, tahun 2021 ini Webasto telah hadir secara resmi di Indonesia, (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT