11 January 2022, 17:03 WIB

Komunitas Wuling Almaz Pertama Touring 4.000 Kilometer di Sulawesi


Mediaindonesia.com |

KOMUNITAS Wuling Almaz Indonesia (Wali) baru saja membuat gebrakan pada akhir 2021. Komunitas mobil yang terbentuk pada 19 September 2019 ini melakukan touring bertajuk Tour De Celebes di Sulawesi pada 25 Desember 2021-4 Januari 2022. Ada 23 anggota Wali yang meramaikan touring kali ini dengan prokes ketat antigen dan PCR. Touring Wali kali ini juga mendapatkan dukungan dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). 

Berangkat dari dealer Wuling Kumala Pettarani Makassar, Wali menempuh jarak 4.000 km pergi-pulang dari kota Makassar-Manado-Makassar. Mereka melewati beberapa tempat-tempat eksotis di Sulsel, Sulut, Gorontalo, Sulteng, dan Sulbar mulai dari To'tombi Tana Toraja, Buntu Burake, Kete Kesu, Danau Poso, Pantai Cinta, Pantai Amurang, Bukit Kasih Tomohon, Danau Tondano, hingga Danau Linow. Pencapaian ini menjadikan Wali sebagai komunitas Wuling Almaz pertama yang touring menjelajahi Sulawesi sepanjang 4.000 km pergi-pulang. 

Touring kali ini juga terbilang seru karena member Wali mengajak keluarganya untuk menikmati alam dan kuliner khas Sulawesi mulai dari konro, kaledo, kapurung, jalangkote, es pisang ijo, lalampa, hingga ikan mujair bakar, dan ikan mujair woku. "Menggunakan Wuling Almaz di Sulawesi sangat nyaman buat keluarga kami sehingga kami menikmati perjalanan dan kuliner tanpa ada masalah dan keluarga kami tidak merasa terlalu lelah setelah menempuh jarak yang panjang," ujar Rizki, salah satu peserta Tour De Celebes.

Tak sekadar melakukan kegiatan touring semata, Wali melakukan kegiatan penanaman 1.000 pohon mangrove di Mangrove Eco Resort, Marisa Hotels Gorontalo, dan melakukan kegiatan sosial dengan menyerahkan donasi untuk Panti Asuhan Duta Kasih Tomohon Sulawesi Utara dan Panti Asuhan Nurul Qolbi Gorontalo. Rombongan tur juga selalu mengunjungi Dealer Wuling Kumala yang tersebar di Sulawesi yakni Manado, Malalayang, Palopo. Makassar, Mamuju, dan Palu. 

Wali pun selalu disambut dengan antusias dan menjadi pusat perhatian. "Jadi tak hanya touring dan menyenangkan keluarga, kami juga mengajak masyarakat Sulawesi untuk peduli vaksinasi covid-19 dan wajib pakai masker. Kami juga ingin memperkenalkan keindahan alam Indonesia khususnya Sulawesi, peduli tentang global warming, serta peduli pada masyarakat yang membutuhkan bantuan seperti anak-anak di panti asuhan,” ujar Andrian Salim Ngatio atau kerap dipanggil Om Jerry, Ketua Umum Wali, dalam keterangan resmi, Selasa (11/1).

Jerry juga menambahkan, dengan berhasilnya Wali menempuh jarak 4.000 km di Sulawesi tentu membantah isu miring mengenai Wuling Almaz yang tidak mampu melewati medan ekstrem. "Selama perjalanan tidak ada kendala yang berarti pada mobil yang kami kendarai. Bahkan jalur yang kami jumpai terbilang ekstrem berkelok-kelok dan tanjakan curam. Kami juga menemui jalan dan jembatan yang rusak serta tanah longsor," ujar Jerry.

Jimmi, salah satu anggota Wali yang mengikuti Tour De Celebes, menceritakan kondisi jalan yang ekstrem yang mereka lewati. "Rekor dalam satu hari kami menempuh perjalanan 568 km yakni dari Gorontalo ke Parigi Moutong. Dari jam 7.00 pagi, kami baru sampai tujuan jam 12 malam. Bahkan perjalanan dari Mamuju ke Majene, kami menjumpai tiga kali tanah longsor," tutur Jimmi. 

Cerita seru lain juga diceritakan Ditto, tim kreatif Wali yang juga ikut touring Sulawesi kali ini. Ia pun membandingkan touring lintas Sumatra yang dulu pernah ia ikuti bersama Wali dengan touring Sulawesi. "Kalau di Sumatra jalannya padat dengan truk. Nah kalau di Sulawesi itu jalannya sepi tapi banyak sapi yang dilepas di jalan. Jadi harus hati-hati kalau tidak bisa nabrak," ujar Ditto sambil berkelakar.

Baca juga: Rayakan Produksi 50 Juta Corolla, Toyota Buat Serial Manga

Saat ini keanggotan Wali sudah mencapai 2.800-an member yang tersebar di 29 chapter di seluruh Indonesia. Tahun ini, Wali akan kembali membuat gebrakan baru yakni melakukan touring di tiga negara. "Harapan saya tahun ini Wali semakin solid dan komunitas ini semakin bermanfaat untuk orang lain," pungkas Jerry. (OL-14)

BERITA TERKAIT