06 December 2021, 19:02 WIB

Bersama Yaris GR Sport, TTI Juarai Kejurnas ITCR Max Musim 2021


RO | Otomotif

BERSAMA Toyota Yaris GR Sport #36 dan #39, pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) Demas Agil dan Haridarma Manoppo berhasil menggapai podium 1 dan 2 Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max 2021 Seri ke-6 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Minggu (5/12). 

Hasil ini sekaligus menobatkan Haridarma sebagai juara pertama Kejurnas ITCR Max musim 2021 bersama Demas sebagai juara kedua kompetisi yang sama. Poin maksimal yang berhasil diraih oleh keduanya menempatkan TTI sebagai juara pertama tim balap di Kejurnas paling bergengsi Kejurnas ITCR Max musim 2021.

Demas Agil yang juga berlaga di gelaran Super Touring Car Racing 2 (STCR 2) 2021, berhasil meraih posisi pertama diikuti oleh pembalap wanita TTI Alinka Hardianti, yang menutup perhelatan Indonesia Sentul Series Of Motorsport (ISSOM) 2021 dengan meraih podium kedua STCR 2. Keduanya mampu meraih capaian baik ini dengan mengandalkan Yaris GR Sport.

Selain itu, pembalap muda Jordan Johan #9 yang berkompetisi di Kejurnas ITCR 1.200 menggunakan Toyota Agya GR Sport, juga berhasil meraih juara ketiga di Kejurnas ITCR 1.200 pada musim perdananya di tahun ini. 

Semangat pantang menyerah ditunjukkan oleh para pembalap Toyota Team Indonesia (TTI), Haridarma Manoppo, Demas Agil, Jordan Johan, dan Alinka Hardianti di tengah keterbatasan akibat pandemi covid-19. 

Didukung oleh performa Toyota Yaris GR Sport, Haridarma dan Demas mampu tampil konsisten sehingga dapat mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan Kejurnas ITCR Max seri ke-6. 

“Saya sangat bersyukur hari ini saya dapat memenangi balapan seri ke-6 dan berhasil meraih gelar juara nasional di Kejurnas ITCR Max yang sangat bergengsi. Selain bekrat kerja keras tim dalam menemukan setting terbaik, performa Toyota Yaris GR Sport yang tangguh membuatnya mampu diandalkan di sepanjang 6 seri balap pada musim 2021 ini,” ungkap Haridarma.

Prestasi baik juga ditunjukkan oleh Jordan Johan di Kejurnas ITCR 1.200 menggunakan Toyota Agya GR Sport. Jordan mengungkapkan rasa syukur dan mengaku senang karena mendapat dukungan penuh dari tim TTI sejak awal musim dalam memaksimalkan performa Toyota Agya GR Sport yang ia gunakan.

“Saya senang sekali dan bersyukur tim selalu all-out dalam mendukung saya sejak awal musim dengan meningkatkan daya saing Toyota Agya GR Sport yang memiliki performa handling dan power yang baik secara konsisten, sehingga saya dapat memacunya secara optimal di sepanjang seri balap pada musim 2021," ujar Jordan.

TTI merajai Kejurnas ITCR Max dengan tampil sebagai juara nasional di musim 2017, 2018, dan 2019. Sementara di musim 2020, TTI tidak berpartisipasi akibat pandemi. Tahun ini, berkat dukungan penuh PT Toyota-Astra Motor (TAM) sebagai principal TTI yang menyediakan Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya GR Sport, TTI kembali tampil dominan di ajang balap touring Indonesia.

“Selamat untuk seluruh pembalap dan tim TTI yang telah berhasil meraih 2 gelar juara di musim 2021 ini. Perjalanan Toyota selama berkompetisi di ajang touring nasional ini merupakan langkah penting dalam menciptakan ever-better cars di kemudian hari. Masukan dan data yang Toyota dapatkan langsung dari lintasan balap, menjadi evaluasi penting bagi kami untuk mempertahankan, bahkan meningkatkan performa produk-produk Toyota di masa depan,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto.

BERITA TERKAIT