30 November 2021, 14:06 WIB

Daihatsu Kembali Gelar Sharing Teknologi ke Guru SMK Se-Indonesia


RO |

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berkomitmen dalam mencerdaskan bangsa melalui salah satu pilar CSR (Corporate Social Responsibility), yakni Pintar Bersama Daihatsu. Salah satu pilar ini diwujudkan melalui penyelenggaraan acara sharing teknologi otomotif terkini secara virtual kepada para guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di seluruh Indonesia yang terdaftar sebagai sekolah binaan Daihatsu.

Kali ini, program yang konsisten dilakukan Daihatsu secara bulanan ini menyapa para guru SMK binaan area Jawa Tengah, dan berlangsung pada Kamis, 18 November 2021. Dalam acara sharing ini, tercatat 100 guru SMK di area Jawa Tengah berpartisipasi, dan melakukan pendalaman materi seputar teknologi otomotif, mulai dari pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, hingga metode troubleshooting.

“Pelatihan ini merupakan wujud kontribusi Daihatsu dalam meningkatkan Link and Match antara program vokasi dengan dunia industri. Semoga para guru SMK dapat meneruskan sharing ini kepada para siswa di sekolahnya agar dapat mempersiapkan diri lebih baik ketika terjun ke dunia industri,” ujar Section Head of Service Training Department ADM Aji Prima Barus Nurcahya, melalui siaran resminya, Selasa (30/11).

Secara singkat, tema pelatihan untuk para guru SMK kali ini adalah seputar teknologi mesin dan perfoma pada Daihatsu Rocky, yaitu:
- Mesin 1KR-VET 1.0 merupakan pengembangan dari mesin 1KR-VE sebelumnya dengan penambahan turbocharged, serta beberapa perubahan antara lain pada cylinder head, cylinder block, spacer water jacket, permukaan piston tumble flow, serta beberapa fungsi komponen lainnya.

- Mesin WA-VE 1.2 menjadi mesin Daihatsu pertama di indonesia yang menggunakan 3 silinder berkapasitas 1.200 cc, serta memiliki beberapa mekanisme baru yaitu longer stroke, mesin compact, selenoid pada sistem control VVT-i, permukaan piston tumble flow, dobel injector, water jacket di exhaust dan dobel thermostat.

Tahun ini, Daihatsu secara konsisten telah bekali teknologi otomotif terkini ke para Guru SMK di Indonesia berdasarkan area secara berturut-turut, seperti di Yogyakarta pada 28 Januari dan 24 Juni; Sumatera (18 Februari & 26 Agustus); DKI Jakarta & Banten (26 Maret & 23 September); Jawa Barat (22 April & 21 Oktober); Jawa Tengah (6 Mei & 18 November); dan Jawa Timur (23 Juli). (S-4)

BERITA TERKAIT