27 November 2021, 21:04 WIB

Royal Enfield Resmikan Fasilitas Perakitan di Thailand


RO |

Royal Enfield mengumumkan beroperasinya Unit Perakitan Lokal eksklusif dan fasilitas CKD di Thailand. Dibangun dalam kemitraan bersama GPX, pengoperasian fasilitas ini pendorong bagi bisnis perusahaan di Asia Tenggara, dan menegaskan kembali komitmen Royal Enfield di Kawasan Asia Pasifik. 

Dengan beroperasinya fasilitas baru ini, Royal Enfield kini telah memiliki tiga unit fasilitas CKD (Completely Knocked Down) - di Argentina, dan Kolombia di Amerika Latin, dan di Thailand - selain tiga fasilitas manufaktur canggih di Chennai, India.

Unit perakitan lokal di Thailand berada di Gateway City Industrial Estate, Moo 7 Huasamrong, Plaengyao Chachoengsao. Selain melayani konsumen di Thailand, unit perakitan ini juga menjadi pusat distribusi untuk semua negara lain di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Vietnam, dan lainnya.

Sebagai permulaan, fasilitas perakitan di Thailand akan memulai merakit model Himalayan, Interceptor 650 dan Continental GT 650 pada bulan ini. Operasional Ini merupakan yang pertama kali dalam sejarah Royal Enfield modern, bahwa sepeda motor Royal Enfield akan dirakit dan diproduksi di kawasan Asia Pasifik, di luar fasilitas manufaktur perusahaan di Chennai, India.

Business Head for APAC markets Royal Enfield Vimal Sumbly memaparkan bahwa perusahaannya secara ekstensif menumbuhkan dan memperluas segmen sepeda motor kelas menengah secara global. 

"Dengan pandangan strategis untuk mengembangkan bisnis dan memenuhi permintaan yang terus meningkat, kami telah mengerjakan rencana kami untuk mendirikan unit perakitan lokal di pasar prioritas yang dimulai dengan Argentina pada tahun 2020 dan kemudian Kolombia pada awal tahun ini," paparnya.

Vimal juga gembira mengumumkan dimulainya operasi di pabrik perakitan CKD di Thailand, sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap kawasan Asia Pasifik, dan potensi pasar. 

"Dengan hadirnya fasilitas di Thailand memungkinkan perusahaan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat di kawasan AsiaPasifik secara efisien, dan juga menjadi pusat bagi pasar Asia Tenggara lainnya," imbuhnhya.

Thailand telah menjadi pasar penting bagi Royal Enfield sejak masuk ke pasar tersebut pada 2015. Setelah membuat langkah signifikan di negara ini dan kawasan APAC, Royal Enfield sekarang berada di antara lima pemain teratas di segmen sepeda motor ukuran menengah premium di pasar seperti seperti Thailand, Australia, Selandia Baru dan Korea. 

Dengan basis konsumen yang berkembang di Asia Pasifik, dan jaringan ritel yang signifikan di kawasan ini, unit perakitan lokal yang baru akan menjadi pendorong penting bagi pertumbuhan bisnis di Asia
Tenggara. (S-4)

BERITA TERKAIT