23 November 2021, 16:11 WIB

Turing M8 Nusantara Masuki Etape II Jelajahi Sulawesi


RO | Otomotif

KOMUNITAS bikers M8 Nusantara saat ini tengah melakukan perjalanan keliling Indonesia Etape II yang disambut meriah di kota yang dikunjungi. 'Kita Indonesia, Kita Luar Biasa' menjadi salam yang dikumandangkan siswa dan siswi di SMPN 3 dan SMPN 1 di kota Polewali Mandar (Polman), Provinsi Sulawesi Barat saat bikers M8 Nusantara menyambangi dua sekolah tersebut.

Kota Polman menjadi salah satu tempat yang disinggahi di Etape II perjalanan 'Identitas Indonesia' setelah menempuh lebih dari 1.500 km di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Tim riders M8 terdiri dari sepasang suami istri Vincent Soetedja-Efi Juwita yang masing-masing menggunakan Triumph Tiger 900 Rally dan Ducati Scrambler Icon 800, serta ditemani dua orang temannya, Hefli Harun dan Patricia Jesslin yang sama-sama menunggangi Yamaha MT-25.

Selain menggali budaya dan adat, khusus untuk kota Polman, SMPN 3 dan SMPN 1 menjadi ajang berbagi pengalaman tentang keindahan dan keragaman berbagai daerah di Indonesia yang telah dijelajahi oleh M8 Nusantara.

Mengenai perjalanannya sendiri, tim M8 Nusantara mengaku tidak mengalami kendala berarti pada kendaraan roda dua mereka. Hanya saja, Vincent menyebutkan beberapa kondisi jalanan yang dilalui harus diwaspadai. 

"Mengingat kita menggunakan sepeda motor di perjalanan ini dan sudah memasuki musim hujan, kita harus perhatikan kondisi fisik dan motor wajib prima. Beberapa titik longsor juga harus dapat dikelola dengan baik dengan berhati-hati, tidak gegabah dan selalu waspada," wanti Vincent.

Tidak hanya di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, M8 Nusantara juga melakukan pemaparan tentang Wawasan Kebangsaan dan pelatihan teknik penggambilan gambar foto dan video di kota Boroko - SMK Negeri 1 Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

Komunitas M8 Nusantara telah memulai perjalanan keliling Indonesia sejak 14 Agustus 2021. Bertema 'Identitas Indonesia', misi M8 Nusantara adalah selain memperlihatkan keindahan Indonesia, juga merekam budaya, adat istiadat, keberagaman suku-suku yang ada di Indonesia, bahasa, filosofi hidup, kesenian, hingga mengunjungi kerajinan usaha kecil menengah di daerah yang disinggahi dari Sabang sampai Merauke.

Turing M8 Nusantara ini terbagi dalam 5 etape. Etape I telah sukses dilakukan pada Agustus hingga Oktober 2021 dengan rute: Jawa - Bali - Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Tercatat 9 pulau, 6.100 km, 275 tempat, lebih dari 100 interview dan 39 suku telah berhasil didokumentasikan.

Selesai Etape I, tim M8 Nusantara kembali melanjutkan Etape II pada 26 Oktober 2021 dengan tema 'Identitas Indonesia' menyusuri Pulau Sulawesi. Daerah yang akan dikunjungi mulai dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Untuk Etape III nanti akan bergeser ke Kepulauan Maluku dan Papua, dilanjutkan Etape IV di Pulau Kalimantan, dan ditutup pada Etape V yang berakhir di Pulau Sumatra. (S-4)

BERITA TERKAIT