21 October 2021, 23:51 WIB

Empat Tahun Perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia


mediaindonesia.com | Otomotif

KEHADIRSN Mitsubishi Xpander di Indonesia pada 2017 silam menciptakan fenomena tersendiri. Sepanjang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang digelar selama 10 hari berhasil menuai lebih dari 5.000 surat pemesanan kendaraan (SPK) dan menjadi model kendaraan dengan SPK terbanyak sepanjang sejarah ajang pameran otomotif di Indonesia.

Ternyata fenomena terus berlanjut. Bahkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku perusahaan manufaktur yang memproduksi Xpander di Indonesia sempat kewalahan untuk memenuhi tingginya permintaan pasar. 

Berbagai inovasi yang diterapkan pabrikan mobil berlambang tiga berlian terhadap model kendaraan keluarga terbarunya saat itu ternyata berhasil memikat hati masyarakat, sehingga calon konsumen rela inden berlama-lama untuk menunggu Xpander tiba di garasi mereka.

Tak terasa saat ini sudah empat tahun Mitsubishi Xpander telah menemani masyarakat Indonesia dalam mendukung aktivitas sehari-hari dengan total populasi mendekati angka 200.000 unit sejak pertama kali diluncurkan pada 2017 hingga Juli 2021 ini.

Ada beberapa faktor yang membuat kendaraan ini begitu diminati pasar. Mulai dari desainnya yang tak kalah fenomenal, ruang kabinnya yang luas, desain dan kualitas material yang lebih baik, suspensinya yang lebih nyaman, hingga ground-clearance-nya yang tinggi sehingga cukup aman digunakan di jalan rusak dan mengarungi genangan banjir.

Faktor penguat lainnya adalah diraihnya berbagai penghargaan yang diberikan oleh sejumlah media otomotif nasional selama empat tahun dari hasil survei serta pengujian yang mereka lakukan. 

Faktor yang tak kalah penting adalah harga jual kembali Xpander yang cukup tinggi bila dibandingkan kompetitor. Kemudahan spare part yang disediakan oleh diler. Layanan purna jual yang komprehensif seperti kemudahan servis dan promo-promo menarik tiap bulan.
 
Diminati di mancanegara

Selain memproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, MMKI juga memproduksi Xpander untuk pasar ASEAN yang dimulai pada 2018 ke Filipina dan menyusul ke Thailand. Hingga saat ini Xpander telah dikapalkan ke 30 negara di dunia.

Kendaraan yang didesan dirancang dan dikembangkan oleh Mitsubishi Motors secara khusus untuk pasar Indonesia ini ternyata juga menarik minat masyarakat mancanegara yang cukup tinggi. Alhasil MMKI pun harus meningkatkan kapasitas produksinya walaupun tetap pemenuhan kebutuhan pasar domestik menjadi yang utama.

"Untuk ke depan rencana tidak akan berubah walau ada permintaan dari negara lain. Namun pengembangan produk ke depannya tetap diprioriotaskan Indonesia. Kita selalu meminta Indonesia jadi pasar yang utama untuk Xpander," jelas Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida dalam konferensi pers virtual Agustus lalu. (S-4)

BERITA TERKAIT