06 October 2021, 18:46 WIB

Rolls-Royce Berencana Perbanyak Program Karoseri Spesial


mediaindonesia.com | Otomotif

THE Boat Tail yang baru saja diungkap oleh Rolls-Royce ke publik pada Sabtu (2/10) lalu merupakan hasil dari pekerjaan selama empat tahun yang kabarnya akan dibuat hanya tiga unit yang masing-masing dibanderol US$28 juta. Jika kabar ini benar maka ini akan menjadi mobil termahal di dunia. Sebelum ini,  Rolls-Royce pertama kali memperkenalkan model coachbuild Sweptail satu-satunya pesanan dari pelanggan khusus pada 2017 lalu yang dibanderol US$ 13 juta.

CEO Rolls-Royce Motor Cars Torsten Müller-Otvös baru-baru ini mengungkapkan bahwa jika ada lebih banyak lagi permintaan model-model coachbuild (karoseri khusus), seperti Boat Tail, atau Sweptail maka perusahaan akan membuatkannya.

Proyek ini menurut Otvös disambut gembira oleh para pelanggan khusus, dan saat ini setelah pengembangangan hampir empat tahun lahirlah Boat Tail. "Idenya adalah mungkin akan mengerjakan satu proyek setiap dua tahun. Urusan dibuatkan dalam jumlah tiga mobil atau satu mobil akan sangat tergantung dengan ide klien serta keinginan kami untuk melakukannya," ujar Otvös dua pekan lalu kepada majalah Autocar.

Ia juga mengungkapkan bahwa para pelanggan divisi Coachbuild Rolls-Royce merupakan klien setia perusahaan yang sangat loyal  dan memainkan peran penting dalam desain dan pengembangan kendaraan. "Mereka semua adalah klien lama Rolls-Royce yang mengenal merek dengan sangat baik, dan mereka memiliki kesabaran untuk tetap bersama kami selama perjalanan empat tahun ini," imbuh Otvös.

Otvös juga menambahkan, Mereka tidak segan-segan menghabiskan waktunya untuk terlibat dengan para desainer dan insinyur di Rolls-Royce untuk saling bertukar ide. 

"Para insinyur dan desainer di divisi Coachbuild Rolls-Royce memang disediakan untuk Anda sebagai klien kami. Jadi jika tiba-tiba Anda punya ide baru, bahkan pada saat Anda menelepon kami di akhir pekan pun, kami akan tetap menyambut panggilan Anda dan menjawab 'Let's Go!'," seru Otvös.   

Program coachbuild sendiri sudah lama dijalankan oleh produsen Rolls-Royce yang memungkinkan berbagai ubahan desain, dan ukuran bodi. Rolls-Royce Boat Tail dibangun dari basis mesin dan sasis model Phantom, yang mengusung hampir 2.000 bagian unik yang dikerjakan seluruhnya oleh tangan-tangan terampil di House of Rolls-Royce. (S-4)

BERITA TERKAIT