21 September 2021, 21:10 WIB

Mitsubishi L300 Jadi Andalan UMKM di Masa Pandemi


mediaindonesia.com | Otomotif

BAGI para pengusaha Usaha mikro kecil menengah (UMKM), kendaraan niaga ringan sudah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam menjalankan aktvitas mereka sehari-hari. Untuk urusan ini, kendaraan idaman mereka adalah yang mampu mengangkut sebanyak mungkin, tangguh melewati berbagai medan, biaya operasional yang rendah serta mudah dan murah dalam hal perawatannya.

Sebagai kendaraan angkutan ringan, Mitsubishi L300 memiliki semua kriteria yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM. Desainnya yang tanpa 'hidung' membuat daya angkutnya lebih maksimal berkat dimensi panjang 2.430 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 360 mm untuk model standard dan 310 mm untuk flatbed.

Selain daya angkutnya yang besar, L300 juga didukung sasis yang kuat dan solid sehingga dapat mengangkut beban hingga 1,26 ton. Yang tak kalah penting, L300 mengusung mesin diesel 4D56 yang dikenal bandel, kuat, serta irit bahan bakar dengan perawatan serta ketersediaan suku cadang yang berlimpah di mana-mana.

Oleh karena itu kendaraan niaga ringan yang sudah mengaspal sejak 1981 silam ini tetap menjadi kendaraan favorit para pelaku UMKM sebagai  moda angkutan untuk berbagai jenis usaha mereka.

Mitsubishi L300 ditawarkan dalam tiga varian pilihan yakni Pick-Up Standar, Pick-Up Flat Bed dan Cab Chasis, dengan banderol harga mulai Rp189,5 juta hingga Rp194 juta.

Dengan harga relatif terjangkau plus nama besar yang disandangnya, L300 berhasil memimpin pasar kendaraan di segmen small pick-up selama empat dekade di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.
 
Menurut data penjualan kendaraan yang dilansir oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam kondisi pandemi sepanjang Agustus 2021 lalu, perusahaan itu berhasil menjual total sebanyak 8.521 unit kendaraan penumpang dan niaga ringan. 

Dari total angka tersebut, segmen kendaraan ringan terjual sebanyak 2.876 unit dengan model L300 menyumbang penjualan sebanyak 2.268 unit atau berkontribuusi lebih dari 26% terhadap total penjualan Mitsubishi di Indonesia sepanjang Agustus lalu. (S-4)

BERITA TERKAIT