15 September 2021, 19:39 WIB

Kiat Merawat Mesin Turbo dari DFSK


RO | Otomotif

DI era modern sekarang ini, penggunaan teknologi mesin turbo menjadi hal yang cukup umum untuk mendapatkan performa yang kuat namun tetap mengedepankan efisiensi bahan bakar. Salah satunya adalah DFSK yang sudah menggunakan teknologi turbo di hampir seluruh lini kendaraan yang dijual di Indonesia. 

Produsen mobil ini juga berpesan agar konsumen tidak perlu khawatir dalam melakukan perawatan kendaraan bermesin turbo karena sangat mudah dan bahkan bisa diaplikasikan sehari-hari.

Sistem kerja turbo adalah dengan memanfaatkan aliran udara dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin untuk menghasilkan udara bertekanan dalam volume yang banyak. Sebelum masuk ke dalam mesin, udara bertekanan tersebut didinginkan oleh intercooler untuk meningkatkan kepadatan molekul oksigen yang dibutuhkan dalam proses pembakaran dalam mesin. Alhasil, performa meningkat namun tetap hemat bahan bakar.

Menurut PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile Achmad Rofiqi, mesin turbo yang digunakan pada kendaraan-kendaraan DFSK dirancang untuk memanjakan pengendaranya dengan menghadirkan pengalaman yang sangat menyenangkan, mulai dari tenaga yang berlimpah namun mudah dalam perawatannya. 

"Aspek kemudahan dalam perawatan tentu tidak kami abaikan karena semakin mudah mesin ini untuk dirawat maka akan semakin mudah konsumen bisa mendapatkan performa yang bertenaga dan efisiensi bahan bakar yang tinggi untuk didapatkan di setiap perjalanan hari-hari," imbuh Achmad. Ia juga berpesan kepada konsumen bahwa hanya ada tiga hal untuk melakukan perawatan mesin turbo agar tetap bekerja secara optimal.

1. Memeriksa dan mengganti oli mesin secara teratur

Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya melalui dipstick yang biasanya ada di mesin. Apabila volume oli berkurang atau kondisinya sudah keruh, bisa datang ke bengkel resmi DFSK untuk melakukan pergantian oli mesin. 

Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli mesin yang direkomendasikan pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

2. Menggunakan bahan bakar yang tepat

Perawatan yang paling sederhana yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kendaraan dengan mesin turbo membutuhkan bensin dengan RON minimal 92. 

Penggunaan bahan bakar berkualitas yang sesuai rekomendasi pabrikan wajib dilakukan pada mobil bermesin turbo, agar mesin bekerja secara optimal sehingga performanya terjaga dengan konsumsi bahan bakar yang efisiensi.

3. Rutin membersihkan dan mengganti filter udara

Kunci dari proses kerja turbo adalah memasukkan udara sebanyak mungkin  ke dalam mesin. Untuk memperlancar aliran udara sebaiknya pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan dan mengganti saringan udara. Jika sampai saringan udara kotor maka maka fungsi turbo menjadi tidak maksimal. (S-4)

BERITA TERKAIT