13 September 2021, 19:11 WIB

Toyota Kembali Tingkatkan Fitur Layanan Digital


RO | Otomotif

TERHITUNG mulai 13 September 2021, para pelanggan pengguna Toyota Interactive Virtual Assistant (TARRA) melalui mobile apps mTOYOTA, bisa memanfaatkan fitur terbaru 'voice command' saat mengakses berbagai informasi tentang Toyota.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyampaikan bahwa sebagai mobility company, Toyota tidak hanya berkomitmen menghadirkan produk–produk dengan teknologi dan spesifikasi yang lebih baik, namun juga berbagai program inovatif, mudah diakses, aman, serta nyaman bagi pelanggan sebagai bagian dari total mobility solution. 

Melalui total mobility solution sebagai visi atau semangat baru, Toyota terus melakukan enhancement secara berkelanjutan pada setiap touch point channel untuk semakin memudahkan pelanggan dalam mengakses solusi untuk berbagai kebutuhan mobilitas yang terus berkembang.

Kali ini, enhancement dilakukan pada TARRA yang merupakan chatbot dari Toyota atau Toyota Information Personal assistant. Sebelumnya, TARRA yang dapat diakses melalui LINE, Whatsapp, Facebook Messenger, Toyota website, dan mobile apps mTOYOTA adalah layanan berbasis teks, di mana pengguna harus mengetik untuk dapat berkomunikasi dengan TARRA.

"Ada pergeseran tren terhadap voice user interface karena adanya kebutuhan dari para pengguna yang menginginkan kenyamanan, kecepatan, dan kemudahan. Sehingga kami berinisiatif untuk melakukan enhancement pada TARRA dengan menambahkan fitur voice command. Hal ini diharapkan dapat memberikan tidak hanya kenyamanan dan kemudahan, melainkan juga efisiensi waktu bagi para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi produk, teknologi, maupun layanan Toyota,” ujar Anton, Senin (13/9).  

Fitur voice assistant ini bisa diakses melalui Android dan iOS. Untuk memanfaatkan fitur voice command, pengguna cukup membuka mobile apps mTOYOTA dan mengklik logo 'TARRA' pada landing page halaman utama. Pengguna bisa mengirimkan perintah atau memulai percakapan berupa suara, dengan panggilan 'Hai, TARRA' atau 'Halo TARRA' atau 'Menu'. Lalu, TARRA akan menunjukkan menu utama aplikasinya.

Pengguna dapat meneruskan perintah berupa suara untuk menyampaikan suatu pertanyaan dan memilih salah satu pilihan yang muncul dalam bentuk tombol/karosel (jika ada) dengan cara klik. TARRA akan menjawab pertanyaan tersebut secara langsung melalui suara dan teks, atau menampilkan tombol/karosel lainnya jika ada.

TARRA tetap dapat mengerti pertanyaan dari pengguna walaupun ada background/noise suara lain, sepanjang background/noise tidak lebih besar dari suara penggunanya. Selain itu, TARRA juga tetap bisa mengerti pertanyaan dari user meskipun dengan logat daerah selama tetap menggunakan Bahasa Indonesia.

Di TARRA, pengguna bisa mendapatkan informasi secara cepat dan interaktif setiap hari dan full selama 24 jam. Informasinya didapatkan secara mudah, efektif, efisien, dan komprehensif tentang produk, teknologi, dan layanan Toyota.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Maret 2019 hingga saat ini, TARRA mendapatkan respon yang baik dari pelanggan. Hal ini terlihat dari total interaksi yang mencapai lebih dari 1,2 juta interaksi. Sebagian besar pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan kepada TARRA antara lain terkait lokasi bengkel Toyota, info servis yang dimiliki Toyota, info terkait produk, promo, dan lain-lain. (S-4)

BERITA TERKAIT