13 September 2021, 17:21 WIB

Mobil Balap F1 McLaren MP4-17 Kimi Raikkonen Siap Dilelang


RO | Otomotif

KABAR gembira bagi para sultan khususnya yang menggemari dan mengoleksi berbagai pernak-pernik yang terkait balap mobil Formula 1. Pasalnya mobil balap McLaren MP4-17D tunggangan Kimi Raikkonen di musim balap 2002 akan dilelang. Kabar ini bertepatan dengan pengumuman rencana pengunduran diri pembalap Finlandia itu.  

McLaren MP4-17D dirancang oleh beberapa desainer hebat seperti Adrian Newey, Mike Coughlan, Neil Oatley, and Peter Prodromou. Sumber tenaganya berasal dari mesin Mercedes-Benz V10 3.0 liter yang mampu menelurkan tenaga 845 hp pada 18.500 rpm. Ini merupakan mobil balap keenam McLaren yang menampilkan corak khas, West McLaren Mercedes yang klasik. 

Kiprah McLaren MP4-17

Kesuksesan mobil pada tahun itu muncul di balapan ketiganya di Circuit de Nevers Magny-Cours, Prancis, dimana Raikkonen berhasil finis di posisi kedua dengan rekan setimnya, David Coulthard, finis di posisi ketiga.

Mobil dengan nomor sasis MP4-17A-06, berlaga tujuh kali di musim 2002 dan lima kali lagi di 2003. Ini debutnya di Grand Prix Eropa yang berlangsung selama 21-23 Juni di Nurburgring di Jerman. Raikkonen memenuhi syarat keenam untuk balapan dan finis di urutan ketiga tepat di belakang duo Ferrari, Rubens Barrichello dan Michael Schumacher.

Sayangnya, McLaren harus mengakui keunggulan Ferrari di musim 2002 yang berhasil memenangkan 15 kompetisi dari total 17 balapan di musim itu. McLaren sendiri harus puas menempati posisi ketiga di kategori konstruktor di bawah Ferrari dan William-BMW.

MP4-17 kemudian mengalami penyempurnaan di musim balap 2003 dengan performa ang lebih baik. Turun di lima balapan, mobil ini berhasil meraih kemenangan di Australian Grand Prix di tangan David Coulthard.

Sebagai tuggangan Kimi Raikkonen dan kedekatannya dengan era kejayaan Michael Schumacher menjadikan McLaren MP4-17D ini sebuah 'Hot Item' dan diperkirakan akan terjual di kisaran US$ 2,18 juta hingga lebih dari US$ 2,72 juta. (S-4)

BERITA TERKAIT