18 August 2021, 21:14 WIB

MMKSI Umumkan Distribusi Xpander Mulai Lancar


mediaindonesia.com |

DALAM konferensi pers yang digelar secara virtual pada, Rabu (18/8), PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengungkapkan bahwa distribusi kendaraan terlarisnya, Xpander kini sudah mulai lancar sehingga konsumen tidak perlu lagi menunggu terlalu lama.

Ini merupakan buah hasil dari kebijakan perusahaan dalam upaya untuk memulihkan kapasitas produksi pabrik yang sempat tersendat akibat dampak dari pandemi yang memaksa pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang dilanjutkan dengan penerapan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam beberapa bulan belakangan ini.

Meskipun secara umum disribusi sudah lancar, untuk Xpander varian dan warna tertentu, konsumen masih tetap harus menunggu antara satu hingga dua bulan, terhitung dari waktu pemesanannya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Director of Sales & Marketing Division MMKSI Tetsuhiro Tsuchida.

"Hari ini secara umum inden Xpander sudah dapat kami penuhi sampai akhir bulan Agustus 2021. Hanya saja untuk varian dan warna tertentu masih harus menunggu 1-2 bulan. Kami terus berusaha dan berkordinasi dengan pabrik agar secepat mungkin men-delivery kepada konsumen. " jelas Tsuchida san, Rabu (18/8).

Atas ketidaknyamanan konsumen karena harus menunggu lama, Tsuchida menyampaikan permohonan maaf perusahaannya kepada para konsumen. Hal ini menurutnya terjadi akibat melonjaknya permintaan yang tidak bisa diimbangi oleh pasokan.

Ia mengakui diberlakukannya kebijakan insentif PPnBM sangat berhasil mendongrak angka penjualan kendaraan. Namun di lain sisi, pabrik sulit menjalankan proses produksi akibat penerapan PPKM. Alhasil, masa inden yang panjang tidak bisa terhindarkan.

Saat ini perusahaan tengah terus berupaya untuk mengoptimalkan performa produksi semaksimal mungkin untuk bisa memenuhi permintaan konsumen. "Kami tetap optmistis permintaan kendaraan akan tertopang dan kami akan selalu melihat situasi," ujar Tsuchida.

Dalam kesempatan yang sama, MMKSI mengabarkan performa penjualan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi tahun ini  yang lebih baik jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Selama periode Januari-Juli 2021, MMKSI berhasil membukukan penjualan sebanyak 57 ribu unit melampaui pencapaian tahun lalu yang hanya mencatatkan 55 ribu unit pada periode yang sama.

Dari total angka tersebut, sebagian besar disumbang oleh penjualan kendaraan penumpang sebanyak 38 ribu unit, sementara sisanya sebanyak 19 ribu unit merupakan kontribusi dari penjualan di segmen kendaraan niaga ringan. "Ini berarti kita sudah melampaui tahun sebelumnya, selama penjualan satu semester sampai dengan Juli 2021," ujar Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro.

Secara konsisten, penjualan Mitsubishi Motors di Indonesia didominasi oleh performa Xpander (termasuk Xpander Cross) yang semakin mengukuhkan diri sebagai tulang punggung penjualan. Hal ini bisa dilihat dari performa penjualan di bulan Juli 2021 lalu.

Sepanjang Juli 2021, MMKSI berhasil menjual sebanyak 9.122 unit atau naik 4,8% dibandingkan dengan penjualan Juni yang mencatatkan 8.704 unit. Dengan angka tersebut, pangsa pasar Mitsubishi di pasar nasional mencapai 15,4% yang merupakan total penjualan unit dan pangsa pasar tertinggi untuk Mitsubishi Motors di Indonesia pada tahun kalender maupun fiskal 2021.

Menurut data perusahaan, dari total 9.122 unit kendaraan yang dijual MMKSI sepanjang Juli 2021, didominasi oleh model Xpander (termasuk Xpander Cross) sebanyak 4.569 unit dan berhasil meraup pangsa pasar sebesar 37% di segmen small MPV.

Selain ditopang oleh produk andalan Xpander series, performa penjualan MMKSI juga dipacu oleh performa penjualan dari pikap legendaris L300 yang berkontribusi cukup signifikan sebanyak 2.066 unit, model Medium SUV Pajero Sport (4x4 dan 4x2) sebanyak 1.489 unit, dan pikap Triton 4x4 sebanyak 947 unit, serta model lainnya. (S-4)

BERITA TERKAIT