26 July 2021, 22:23 WIB

Suzuki Ajak Konsumen Maksimalkan Fungsi Trip Meter


RO | Otomotif

SETIAP mobil modern dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan para penggunanya saat dalam perjalanan. Salah satunya adalah indikator trip meter yang terdapat pada MID (Multi Information Display). 

Trip meter berguna bagi pengemudi untuk memantau jarak perjalanan yang telah ditempuh. Pada mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain seperti speedometer, tachometer fuel meter, temperatur mesin, dan odometer. 

Menurut Head of Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yulius Purwanto, Trip Meter pada mobil Suzuki terdapat dua tampilan, yaitu Trip A dan Trip B yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pengemudi dapat me-reset angkanya ke posisi nol apabila ingin mengubah atau membuat rute perjalanan baru. Untuk me-reset posisi trip meter ke angka nol, pengemudi dapat menekan dan menahan kenop pada spidometer sampai muncul angka nol di layar. Apabila hanya ditekan saja tanpa ditahan, maka trip meter akan berubah dari trip A ke trip B atau sebaliknya.

Yulius menambahkan, dengan trip meter pengemudi juga dapat mengetahui berapa selisih jarak yang ditempuh dari titik A ke titik B dan sebaliknya jika mengambil rute berbeda. 

"Saat pergi pengemudi bisa menggunakan mode Trip A sedangkan saat kembali bisa menggunakan mode Trip B, sehingga bisa diketahui perbedaan jaraknya. Penggunaan trip meter bisa membantu pengemudi merencanakan rute perjalanan hingga mempertimbangkan aktivitas yang mungkin bisa dilakukan, seperti menepi sejenak untuk beristirahat," ujar Yulius.

Bila ingin mengetahui berapa jauh jarak tempuh mobil secara total sejak mobil digunakan, pengendara dapat memanfaatkan fitur odometer yang juga terdapat pada MID. 

Fitur lain yang ada pada MID antara lain, indikator Range yang berfungsi untuk mengestimasi jarak yang dapat ditempuh dari bahan bakar yang tersedia di tangki. Jika indikator range menunjukkan informasi angka di 200 km, berarti ketersediaan bahan bakar hanya cukup untuk menempuh hingga 200 km. Akan tetapi, angka yang muncul pada indikator range ini dipengaruhi oleh beragam faktor seperti kondisi lalu Lintas, medan jalan, serta gaya mengemudi. 

Fitur berikutnya adalah indikator AVG (Average) yang digunakan untuk mengetahui rata-rata konsumsi bahan bakar selama perjalanan. Selain itu, terdapat pula fitur yang sangat menarik di mobil Suzuki yaitu driving style meter yang berguna untuk mengukur dan menampilkan gaya mengemudi.

"Fitur trip meter dihadirkan untuk menambah kenyamanan pengemudi ketika berkendara dan memudahkan untuk mengetahui berapa kilometer jarak yang telah ditempuh. Kami berharap dengan adanya kelengkapan fitur seperti trip meter dan berbagai fitur lainnya di MID mobil-mobil Suzuki dapat memudahkan konsumen yang akan melakukan perjalanan baik jarak jauh maupun dekat," tutup Yulius. (S-4)

BERITA TERKAIT