24 July 2021, 19:42 WIB

Supercar Hybrid Aston Martin Valhalla 


mediaindonesia.com | Otomotif

PRODUSEN mobil sport mewah asal Inggris, Aston Martin kembali menunjukkan kepiawaiannya dalam merancang bangun sebuah supercar canggih yang diharapkan dapat memenuhi keinginan para pemuja kecepatan tinggi. Kali ini mobil yang layak masuk kategori hypercar tersebut hadir dengan mengusung nama Valhalla. 

Nama Valhalla sendiri diambil dari Mitologi Nordik yang merupakan alam akhirat bagi prajurit-prajurit agung yang gugur dalam perjuangan. Singkat kata Valhalla adalah sebuah nirwana bagi para pahlawan orang-orang yang dimuliakan saat ruh terpisah dari jasad.

Kembali ke Aston Martin, supercar Valhalla adalah sebuah coupe dua pintu yang dilengkapi mesin di bagian tengah (mid-engine) V8 hybrid bertenaga 950 ps yang ditujukan untuk mampu mencatatkan lap-time di sirkuit Nurburgring dalam waktu kurang dari 6,5 menit.

"Ketika kami menciptakan konsep Valhalla, kami ingin menekankan warisan desain Aston Martin Valkyrie dan niat itu tetap tidak berubah, namun eksekusi telah berkembang pesat untuk mencapai produksi mobil baru Meskipun warisan Valkyrie jelas, Valhalla sekarang menjadi bagian desain yang lebih matang dan terselesaikan sepenuhnya," kata Chief Creative Aston Martin Marek Reichman, Senin (19/7).

Dalam urusan aerodinamika, Valhalla memiliki kecanggihan melebihi hypercar Aston Martin Valkyrie, bersasis serat karbon yang terinspirasi dari mobil balap Formula 1. Alhasil, Valhalla mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam tempo 2,5 detik dengan kecepatan maksimal hingga 330 km/jam.

Sumber tenaga supercar berteknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) ini, berasal dari mesin bensin V8 twin-turbo berkapasitas 4.0 liter yang berada di tengah yang mampu menyajikan 750 PS untuk disalurkan ke roda belakang. Valhalla juga dibekali sepasang motor listrik berkekuatan 204 PS di roda depan. Pada mode berkendara listrik (EV), kedua motor listrik ini mampu menjalankan kendaraan hingga 130 km/jam sejauh 15 km. 

Saat ketiga sumber tenaga ini digabungkan, selain total outputnya mencapai 950 PS, juga membuatnya memiliki kemampuan all-wheel-drive yang memberikan peningkatan pada pengendalian. Mode mengemudi lainnya mendistribusikan jumlah tenaga yang berbeda antara depan dan belakang tergantung pada permintaan pengemudi. 

 Mobil ini juga dilengkapi dengan Dual Clutch Transmission (DCT) 8-speed terbaru dengan paddle-shift tanpa gigi mundur tradisional untuk menghemat bobotnya. Sebagai pengganti, motor listriknya dilengkapi fitur e-reverse. 

Teknologi canggih inovatif lainnya berupa brake-by-wire technology untuk memberikan kemampuan pengereman yang akurat sekaligus meningkatkan keamanannya, terutama saat melaju pada kecepatan tinggi. Sedangkan untuk menyalurkan traksi ke permukaan jalan, Aston Martin menyerahkan pada ban Michelin yang dipesan secara khusus dengan diameter berukuran 20 inci di bagian depan dan 21 inci di bagian belakang.

Kabar terbaiknya, mobil ini akan diproduksi baik dalam versi setir kiri, maupun setir kanan. Dengan demikian, para sultan di tanah air tidak perlu pusing memikirkan masalah yang biasa ditemui saat ingin membeli supercar eksotis seperti Valhalla. (Aston Martin/S-4)

BERITA TERKAIT