14 July 2021, 18:55 WIB

Tips Auto2000 Seputar Mur dan Baut Roda


mediaindonesia.com | Otomotif

PEMBERLAKUAN Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali mengharuskan masyarakat mengurangi mobilitas guna mencegah penularan virus covid-19. Menurut Auto2000, waktu luang yang ada dapat dimanfaatkan untuk memeriksa mur dan baut roda karena tidak jarang kedua komponen ini macet saat melakukan penggantian ban.

Mur dipakai untuk mengikat pelek dengan cara diputar dan baut dipakai sebagai dudukan pelek mobil pada as roda. Jumlah mur dan baut pada 1 roda adalah 4 atau 5 buah, tergantung jenis mobil.

Penyebab mur dan baut roda macet

Penyebab utama mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah karat pada ulir atau drat mur dan baut roda akibat proses oksidasi dan jarang diperhatikan. Penyebab lainnya adalah drat mur atau baut roda yang aus akibat sering dipaksa ketika dilepaskan lantaran terlalu kuat waktu mengencangkan mur.

Penggantian mur roda yang ukurannya tidak sama dengan standard. Biasanya ini akibat pengguna mengganti mur dengan produk aftermarket dengan ukuran ulir berbeda ukuran dan dipasang dengan paksa. Untuk mengatasi mur dan baut roda macet bisa menempuh langkah berikut.

Manfaatkan alat bantu pemutar mur roda

Hal pertama yang bisa dilakukan jika mengalami masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan alat bantu untuk memutar mur roda dengan memanfaatkan alat ungkit yang lebih panjang seperti pipa yang disambungkan ke kunci roda untuk memperoleh torsi atau daya putar ekstra sehingga lebih ringan saat melepaskan mur yang macet.

Semprotkan baut roda dengan cairan penetran

Semprotkan cairan penetran pada baut roda mobil sebelum melepasnya. Langkah ini berguna untuk menghilangkan penghambat seperti karat antara mur dengan baut roda. Dengan hilangnya hambatan tersebut maka mur akan lebih mudah diputar.

Untuk mencegah masalah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan mengikuti prosedur berikut ini. 

Bersihkan mur dan baut roda

Sebelum memasang ban, bersihkan mur dan baut roda dari kotoran menggunaan sikat kawat. Setelah bersih beri sedikit grease/gemuk pada bagian ulirnya untuk mencegah timbulnya karat, lalu pasang dan putar menggunakan tangan untuk memastikan mur dan baut terpasang sempurna baru dilanjutkan dengan alat.

Periksa dan bersihkan mur dan baut roda saat melakukan rotasi ban, termasuk lubang baut pada bagian pelek mobil untuk memastikan tidak ada kotoran menempel atau karat timbul. Setelah bersih, lumasi kembali mur dan baut dengan grease atau gemuk, namun jangan berlebihan karena justru bisa menjadi tempat menempelnya kotoran.

Gunakan kunci momen saat mengencangkan mur dan baut roda

AutoFamily bisa menggunakan kunci momen atau kunci torsi dengan kekuatan sesuai rekomendasi pabrikan saat memasang kembali ban mobil. Namun jika tidak ada kunci momen, usahakan tidak memutar mur sekuat mungkin dan cukup sampai mur dirasakan sudah tidak dapat berputar lagi. Jangan sampai terdengar bunyi besi beradu terlalu keras yang menandakan mur sudah terlalu kuat mengikat baut.

Pasang mur roda secara menyilang

Mengencangkan mur dan baut roda tidak boleh dilakukan secara berurutan lantaran dapat membuat daya ikatnya kurang merata sehingga pelek tidak memegang sempurna pada as roda. 

Selain sulit dibuka nantinya, risiko lainnya adalah membuat ban mobil goyang di kecepatan tinggi bahkan dapat mengakibatkan baut roda patah. Pemasangan mur harus dilakukan secara menyilang dan bertahap agar daya tekan pada seluruh baut seimbang.

Rotasi ban mobil secara berkala

Cara berikutnya untuk mencegah mur dan baut roda sulit dilepaskan adalah dengan melakukan rotasi ban mobil secara rutin sehingga keduanya tidak sampai mengeras atau berkarat. Auto2000 menyarankan rotasi ban setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali atau bersamaan waktunya dengan servis berkala.

"Lakukan perawatan mur dan baut roda untuk mencegahnya bermasalah seperti macet bahkan tidak bisa dibuka saat ingin mengganti ban. Supaya mudah, aman, dan nyaman di masa PPKM Darurat, segera manfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service untuk servis berkala di rumah dengan mem-booking via Auto2000 Digiroom dan manfaatkan promonya yang menguntungkan," ujar Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Rabu (14/7). (S-4)

BERITA TERKAIT