06 July 2021, 20:20 WIB

Audi Quattro Era 80-an Versi Listrik E-Legend EL1


mediaindonesia.com | Otomotif

SEBUAH startup kendaraan listrik asal Beilngries, Jerman bernama E-Legend, mengumumkan untuk membangun sebuah coupe yang desainnya terinspirasi dari model Audi Quattro homologasi Group B tahun 1980-an. Bahkan kap mesinnya memiliki tiga lubang intake yang identik seperti milik Audi Quattro reli tersebut.

Bedanya, mobil versi modern yang dibuat oleh E-Legend ini tidak menggunakan mesin bensin lima silinder di bawah kap mesinnya, melainkan baterai dan motor listrik yang membuat E-Legend EL 1 ini mampu menyajikan limpahan daya hingga 800 hp.

Alhasil kendaraan dua pintu ini mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam hitungan kurang dari 2,8 detik, sementara dari 0 ke 200 km/jam di bawah 10 detik dengan kecepatan puncak menembus angka 254 km/jam.

Untuk mencetak prestasi tersebut E-Legend EL1 mengandalkan tiga unit motor listrik. Masing-masing sepertinya dipisah, satu unit di depan dan dua unit diletakkan di belakang untuk memberikan kemampuan all-wheel drive layaknya Audi Quattro. Sementara daya untuk memutar ketiga motor listrik tersebut, dipasok dari baterai berkapasitas 90 kWh.

Pada kendaraan biasa, El1 diperkirakan mampu menempuh jarak hingga sejauh 402 km. Beda lagi bila digeber habis-habisan di lintasa Nurburgring yang hanya bisa menempuh dua putaran atau tidak sampai 48 km.

Menurut perusahaan, bobot El1 cukup ringan untuk sebuah kendaraan listrik pada umumnya. Beratnya hanya 1.680 kg yang diklaim setara dengan mobil sekelas Mustang. Hal ini dimungkinkan berkat penerapan konstruksi berbahan serat karbon. 

Interiornya dibuat dengan desain yang sangat mendasar. Sementara spion luar, peranannya diganti oleh sepasang kamera. Sedangkan fitur lainnya berupa suspensi yang dapat disetel tiga tahap, paket rem performa tinggi, dan sistem pengisian berkemampuan 150 kW.

Fasilitas pabrik E-Legend yang tidak jauh dari markas Audi di Ingolstadt tersebut berencana akan memproduksi 30 unit EL1 secara handcrafted. Maing-masing dijual mulai 890 ribu euro. Dari uang yang terkumpul E-Legend berencana membuat model EL2 dan EL3 di masa yang akan datang. (S-4)

BERITA TERKAIT