03 June 2021, 21:45 WIB

AHY Terkena Demam Suzuki Jimny


Putra Ananda | Otomotif

DEMAM Suzuki Jimny ternyata dialami juga oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Melalui unggahan foto dalam akun Twitter @AgusYudhoyono AHY nampak mengemudikan mobil ikonik keluaran Suzuki tersebut ditemani oleh sang istri Annisa Pohan.

Dalam cuitannya, politikus Partai Demokrat itu mengaku sengaja mengemudikan sendiri Jimny berwarna krem tersebut bersama istrinya untuk bernostalgia di Kota Bandung. Ia ingin mengenang masa 'PDKT' alias pendekatan ketika baru mengenal istrinya.

"Salam dari Bandung. Jalan-jalan bersama istri tercinta, mengenang masa-masa pertama kenalan di Kota Kembang, sambil nyetir Jimny Jangkrik...," tulis AHY dalam akun Twitter-nya.

Dalam unggahan fotonya tersebut, mobil yang dikendarai AHY tampak sudah tidak standar lagi. AHY menambahkan aksesoris offroad pada Jimny seperti ban tapak lebar, tanduk depan, lampu tembak. Pada bagian pintu terdapat stiker bertuliskan 'Overlanding Indonesia', sebuah komunitas yang didirikan AHY untuk mewadahi kesukaan masyarakat tentang travelling bersama dengan kendaraan bermotor, memotret, sampai sistem menumpang.

Selain menuliskan kisahnya bersama sang istri, di laman media sosialnya AHY ternyata bertanya terkait asal-usul mobil buatan Suzuki ini yang dahulu disebut sebagai Jimny Jangkrik.


Baca juga: Vespa Rilis Program 'Live More, Be Young'


"Ada yang tahu kenapa mobil ini disebut Jimny Jangkrik?" sambung AHY.

Mengutip laman Suzuki, hingga saat ini sudah ada tiga generasi Jimny yang ada di indonesia. Pada 1979 seri LJ80 menjadi seri Jimny sebagai jip mungil pertama yang hadir. Saat itu lebih akrab disebut Jimny Jangkrik, dirakit langsung di Indonesia dengan kapasitas mesin 800 cc. Jimny Jangkrik juga memiliki model turunan yang diproduksi hingga 1981, yaitu LJ-80V dan LJ-80Q dengan pintu dari bahan metal.

Pada generasi kedua di 1982, Suzuki merilis Jimny SJ410 yang dipasarkan dengan nama Katana. Hadir dengan mesin 1.000 cc, Jimny yang pada awalnya berpenggerak empat roda (4WD), melakukan penyegaran sebagai mobil berpenggerak 4x2. Selain Katana, Jimny generasi kedua juga hadir dengan versi long wheelbase yang mendapat julukan Jimny Long.

Masih masuk dalam Jimny generasi kedua, pada 2004 Suzuki meluncurkan Jimny SJ413 atau Carribian. Dengan model yang paling berbeda, Jimny ini memiliki sebuah extra-cab dan menyerupai pikap dengan kapasitas mesin 1.300 cc.

Ajang GIIAS 2017 menjadi peluncuran generasi ketiga Jimny di Indonesia, Jimny JB33 yang juga dikenal sebagai Jimny Wide ini hadir secara eksklusif dengan desain tak bersudut namun tetap menampilkan kesan Jimny yang ikonik dan jantan. Selain itu, Jimny generasi ketiga ini dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc, lengkap dengan penggerak All-Wheel Drive. (S-2)

BERITA TERKAIT