04 May 2021, 18:47 WIB

Bedah Fitur di Daihatsu Rocky 


RO | Otomotif

Daihatsu Rocky resmi hadir di Indonesia pada 30 April 2021 lalu. Tampil dalam sosok compact SUV berkapasitas 5 penumpang dengan desain yang stylish dan modern, cocok bagi Sahabat yang berjiwa muda dan aktif, serta mampu dikendarai melewati berbagai kondisi jalan dengan nyaman.

Rocky menjadi produk Daihatsu pertama di Indonesia yang menerapkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Konsep DNGA adalah kualitas tinggi dengan harga terjangkau, teknologi terkini, serta memperhitungakan hingga hal terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

“Daihatsu Rocky menjadi jawaban bagi mereka yang mencari mobil impian dengan desain yang stylish, sederet fitur terkini, dan harga yang bersaing. Daihatsu Rocky Sahabat Eksis!”, ujar Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi.

Daihatsu Rocky hadir dengan  dimensi panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Ground clearance-nya mencapai 200 mm, dengan radiputar hanya 5,1 meter membuat Rocky cocok dikendarai di berbagai kondisi jalan dan juga perkotaan di Indonesia.

Daihatsu Rocky hadir perdana dengan mesin 1.000 cc, 3 silinder Turbo berkode produksi 1KR-VET, memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar. 

Mesin 1.0L ini juga dikombinasi transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) terbaru Daihatsu, yaitu Dual Mode CVT (D-CVT) yang menghadirkan pengalaman berkendara halus, responsif, sekaligus tetap hemat bahan bakar.

Daihatsu Rocky dilengkapi dengan fitur keselamatan istimewa di kelasnya, yakni Daihatsu ASA (Advanced Safety Assist) yang bekerja menggunakan sensor berupa stereo camera di kaca depan untuk mendeteksi objek di depan mobil, untuk dapat memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya. 

Daaihatsu ASA sendiri memiliki 6 fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Pre-Collision Warning, berfungsi untuk memperingati adanya potensi atau kemungkinan terjadi tabrakan agar pengemudi dapat mengantisipasi sebelum hal itu terjadi.

Pre-Collision Braking, berfungsi menghindari dan mengurangi dampak benturan. Rem otomatis ini aktif saat sistem membaca tak ada tindakan atau tanda-tanda pengereman yang dilakukan pengendara.

Pedal Misoperation Control, berguna untuk mencegah terjadinya kecelakaan akibat pengemudi salah menginjak pedal gas saat ingin menginjak rem.

Front Departure Alert, sangat bermanfaat ketika pengemudi tidak menyadari bila kendaraan di depan sudah bergerak maju, misalnya saat berhenti di lampu merah di belakang kendaraan lain, atau berada dalam antrean kemacetan yang panjang.

Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention. Kombinasi kedua fitur ini berfungsi membantu pengemudi untuk bisa tetap konsisten barada di dalam lajurnya.

Selain fitur ASA, Rocky dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur. Selain itu, Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). (S-4)

BERITA TERKAIT