08 April 2021, 20:25 WIB

TAM Siap Luncurkan Kijang Innova Edisi 50 Tahun


mediaindonesia.com | Otomotif

UNTUK menandai 50 Tahun perjalanan Toyota di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan meluncurkan mobil spesial Kijang Innova Limited Edition pada Jumat (9/4). Sesuai dengan nama yang disandangnya, Kijang Innova edisi terbatas ini hanya diproduksi sebanyak 50 unit, sesuai dengan tema besarnya.

Rencana peluncuran 'Kijang Istimewa' ini diungkap oleh Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy di acara ngobrol virtual yang digelar Kamis (8/4). "Kijang Innova Limited Edition ini sangat spesial karena hanya akan diproduksi sebanyak 50 unit. Akan ada perbedaan, baik pada eksterior, interior, maupun fiturnya," jelas Anton.

Hal senada diungkap oleh Director Administration, Corporate & External Affairs, Technical Goverment Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam. "Innova edisi terbatas yang hanya diproduksi sebanyak 50 unit tersebut akan dijual di sejumlah diler kota-kota di Indonesia," ujar Bob. Ia juga menambahkan bahwa sudah banyak konsumen, termasuk para pejabat yang ingin membeli mobil istimewa tersebut.

Meskipun demikian pihak Toyota masih enggan mengungkapkan lebih jauh terkait harga maupun perbedaan spesifikasinya secara detail. "Sabar, kita tunggu sampai besok ya," ujar Bob.

Kijang merupakan salah satu model dari Toyota yang paling populer di Indonesia. Kijang juga memiliki sejarah yang tak kalah panjangnya di Indonesia. Di mulai dari kendaraan dengan sosok yang serba sederhana hingga berevolusi menjadi sebuah kendaraan dengan tampilan yang mewah.

Bagi TMMIN sendiri, Kijang merupakan salah satu model istimewa karena melalui model inilah para tenaga kerja di TMMIN ditempa untuk belajar membuat sebuah kendaraan yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. 

"Kami sangat bangga dengan Kijang yang merupakan produk bangsa Indonesia," ungkap Bob.

Sebagai pengingat, Toyota Kijang pertama kali hadir pada 1977 dengan tampilan 'ala kadarnya'. Meskipun demikian, produk ini sangat diminati masyarakat karena desainnya yang sederhana, fleksibel, dan tangguh.

Berdasarkan modal generasi pertama tadi, Kijang generasi kedua hadir pada 1981 dengan berbagai perbaikan, walaupun desainnya masih serba kotak sperti sebelumnya. Faktor estetika pun sudah mulai dipikirkan.

Hasilnya, lahirlah Kijang generasi ketiga yang revolusioner yang dikenal dengan nama resmi Kijang Super pada 1986. Finishing-nya lebih halus karena untuk pertama kalinya model ini dibuat secara full pressed body, sehingga diklaim bodi bebas dempul.

Bermodalkan hal itu, Toyota Indonesia pun mulai berani unjuk gigi di pasar global dengan mengekspor model Kijang generasi ketiga ke beberapa negara.

Kesan mengotak dan kaku lenyap pada Kijang generasi keempat yang hadir dengan desain yang didominasi garis-garis lengkung membulat. Oleh karena itu akrab dijuluki sebagai Kijang Kapsul. Bagian interiornya pun digarap lebih serius sehingga kasta Kijang sebagai mobil masyarakat 'kelas bawah' tidak pantas lagi disandangnya.

Kijang generasi kelima lahir pada 2004 dan mulai menyandang nama belakang Innova. Mulai saat itu status Kijang semakin tinggi. Kabin juga dibuat lebih karena sudah berbagi pletform dengan model global seperti Fortuner, dan Hilux.

Kijang kembali berevolusi dan lahirlah Kijang Innova Reborn pada 2014 yang kita kenal sebagai Kijang generasi keenam. Dari basis model inilah Kijang Innova Edisi 50 Tahun tersebut dibuat. (S-4)

BERITA TERKAIT