03 March 2021, 15:48 WIB

Daihatsu Rocky kok Bisa Dapat Relaksasi Pajak?


mediaindonesia.com | Otomotif

PEERINTAH sudah mengeluarkan daftar penerima program relaksasi pajak pada 26 Februari 2021, untuk diimplementasikan mulai 1 Maret sampai dengan 31 Desember  2021. 

Pemerintah mengumumkan daftar penerima relaksasi pajak ini hanya satu kali saja dan tidak ada pengumuman selanjutnya untuk revisi daftar penerima. Penerima program relaksasi pajak harus memenuhi persyaratan kapasitas mesin tidak lebih dari 1.500 cc, dalam bentuk Sedan/4x2/Station Wagon dengan kapasitas penumpang dibawah 10 orang plus local purchase minimal 70%.

Mengingat program relaksasi ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2021 dan tidak akan ada pengumuman selanjutnya dari pemerintah untuk menambahkan atau merevisi daftar penerima relaksasi pajak, maka PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) memutuskan untuk mendaftarkan model Rocky.

Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director ADM Amelia Tjandra kepada Media Indonesia menjelaskan bahwa model ini memang belum diproduksi dan dijual secara resmi di Indonesia. Namun saat nanti diproduksi, local purchase minimal 70% sudah akan terpenuhi. 

Karena memenuhi semua persyaratan tersebut, Rocky masuk dalam daftar insentif walaupun belum diluncurkan. "Nggak akan dapat kalau tidak mencapai persyaratan," ujar Amel via pesan singkatnya, Rabu (3/3).

Persiapan dan rencana peluncuran dan produksi sebuah model menurut Amel tentu sudah dipertimbangkan dan dipersiapkan secara matang dari jauh-jauh hari oleh perusahaan. "Itu sudah kami persiapkan semua, termasuk pemilihan supplier sejak lama," sambungnya. 

Walaupun produk ini belum diluncurkan pada waktu pengumuman, tetapi direncanakan akan diperkenalkan pada periode program relaksasi pajak. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang sedang lesu.

“Walaupun Daihatsu Rocky belum diluncurkan saat ini, kami percaya produk ini layak untuk mendapatkan relaksasi pajak karena akan diluncurkan pada periode program,” tutup Amelia Tjandra.

Sayangnya Amelia masih enggan menyebutkan kapan Daihatsu Rocky akan diluncurkan. Namun dari apa yang diungkapkan mengindikasikan bahwa SUV legendaris itu akan segera hadir kembali setelah absen panjang di lini produk ADM. (S-4)

BERITA TERKAIT