28 February 2021, 11:34 WIB

Daihatsu Gelar Program Khusus Konsumen Terdampak Banjir


RO | Otomotif

MELIHAT banyaknya mobil pelanggan yang menjadi korban banjir, Daihatsu pun menyediakan paket after sales berupa 'Daihatsu Peduli Banjir' khusus bagi mobil Daihatsu yang terkena banjir untuk meringankan beban pelanggan.

Program Daihatsu Peduli Banjir berlaku mulai 22 Februari hingga 31 Maret 2021 di seluruh jaringan bengkel Daihatsu di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekas i(Jabodetabek), Jawa Tengah, Sumatra, dan Kalimantan. 

Pelanggan dapat memeriksakan kendaraannya secara gratis khusus bagi mobil Daihatsu yang terdampak banjir; diskon 15% khusus untuk layanan jasa, spare part, dan oli; serta diskon 20% untuk paket khusus banjir dan salon mobil.

Bagi pelanggan yang tidak bisa langsung datang ke bengkel dapat menghubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. Atau, bisa juga menghubungi layanan panggilan darurat 24 jam melalui Daihatsu Access di nomor 1-500-898.

Apabila Sahabat membutuhkan evakuasi kendaraan, pastikan jenis transmisi pada mobil untuk meminimalisir kerusakan, karena mobil bertransmisi manual dan otomatis memiliki perlakuan yang berbeda.

Untuk transmisi kendaraan manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau pun towing. Sedangkan khusus transmisi otomatis, mobil harus 'digendong' untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

Secara umum hal pertama yang harus diperhatikan paska mobil terendam banjir memastikan keadaan komponen seperti karburator, alternator, saringan udara, koil, dan kabel-kabel elektrikal kering seluruhnya ketika ingin menyalakan mobil. 

Jangan lupa juga untuk mengganti oli mesin, dan menguras tangki bahan bakar, karena saat terendam banjir, air mungkin saja masuk ke area melalui celah-celah yang tidak bisa kita duga. Perhatikan juga komponen interior seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. 

Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC agar tidak menyebabkan penumpukan kotoran, jamur, aroma tidak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. 

Perbaiki komponen ekterior seperti penyok atau baret pada panel bodi  yang berdampak pada estetika mobil dan dapat mengundang timbulnya karat. (S-4)

BERITA TERKAIT