23 February 2021, 19:59 WIB

Daihatsu Bersiap Bermain Turbo?


mediaindonesia.com | Otomotif

MESKIPUN Daihatsu di Indonesia dikenal sebagai produsen mobil sederhana, sejatinya produsen mobil ini konsisten mengembangkan teknologi. Salah satunya adalah teknologi turbo. 

Komponen penambah pasokan udara ke mesin ini sudah umum disematkan pada beberapa model Daihatsu di Jepang. Oleh karena itu, meskipun mesin Daihatsu memiliki kapasitas mesin kecil, namun dalam urusan performa yang dihasilkan rata-rata 30% di atas kemampuan kapasitas mesin aslinya. Contohnya Daihatsu Tanto bermesin 660 cc, namun memiliki performa setara mobil berkapasitas mesin 1.000 cc.

Secara fungsi dan mekanis, komponen turbocharger pada mobil Daihatsu berfungsi mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin untuk menghisap udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran. 

Karena turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang sebagai sumber energi, maka dipastikan kendaraan Daihatsu juga lebih ramah lingkungan.

“Sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya, Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan,” ujar Head of MPPD (Marketing Product Planning Division) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, Selasa (23/2). 

Daihatsu Jepang telah meluncurkan tiga produk baru dalam dua tahun terakhir yang mengaplikasikan teknologi turbocharger pada mobilnya, iantaranya adalah Daihatsu New Tanto, dan Daihatsu Rocky pada 2019, dan Daihatsu New Taft pada 2020.

Menurut kabar yang beredar di kalangan pecinta otomotif, teknologi ini akan dihadirkan dalam waktu dekat oleh ADM. (S-4)

BERITA TERKAIT