21 February 2021, 18:55 WIB

Penjelasan Auto2000 Terkait Relaksasi Pajak Mobil


RO | Otomotif

TERKAIT diskon Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) yang rencananya akan mulai berlaku bulan Maret 2021, Auto2000 menyampaikan bahwa aturan yang dibuat sebagai upaya meningkatkan gairah industri sektor otomotif ini penerapannya dibagi secara bertahap.

Penerapan diskon PPnBM sebanyak 100% rencananya akan diberlakukan mulai Maret hingga Mei 2021, lalu diskon 50% pada periode Juni sampai Agustus 2021, dan terakhir diskon 25% pada periode September – November 2021.

Auto2000 juga menjelaskan bahwa dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak. Kebijakan relaksasi PPnBM hanya berlaku pada model-model yang diproduksi secara Completely Knock Down (CKD) dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan memiliki kandungan komponen lokal lebih dari 70%. 

Berdasarkan kriteria itu, model-model Toyota yang akan mendapatkan pengurangan PPnBM adalah Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta. Sementara model yang masuk dalam cluster LCGC seperti Agya dan Calya tidak diberikan keringanan karena memang PPnBM-nya sudah 0%.

Sampai dengan rilis ini dipublikasikan, Auto2000 masih menunggu aturan tekhnis terkait informasi tersebut sehingga belum dapat menjabarkan kepastian tipe dan harga jual dari produk-produk yang nantinya memperoleh keringanan pajak. 

Di lain pihak, harga jual tipe lain yang sudah pasti tidak terkena aturan seperti Agya, Calya, Innova, Fortuner, Voxy, Hilux, Hiace, Alphard, dan Vellfire tidak akan berubah saat aturan diskon pajak dijalankan. (S-4)

BERITA TERKAIT