25 January 2021, 22:26 WIB

Banyak Pilihan Varian, Pajero Sport Bekas Jadi Incaran


RO | Otomotif

MITSUBISHI Pajero Sport digemari pemburu mobil bekas karena memiliki banyak varian. Alhasil para pemburu mobil bekas bisa menyesuaikan kemampuan mereka untuk memiliki mobil idaman mereka. Pasalnya, untuk meminang Pajero Sport baru harganya masih cukup tinggi bagi kantong mereka. oleh karena itu, bagi konsumen yang memiliki dana yang 'tanggung' akhirnya lebih memilih Pajero Sport bekas.

Saat ini Pajero Sport genersi kedua paling banyak diminati. Di kelas mobil SUV, harga Mitsubishi Pajero Sport cukup bersaing dengan merek lainnya. Sebagai pembanding terdekat adalah kendaraan sejenis keluaran Toyota, yaitu Fortuner.

Mitsubsihi Pajero Sport Exceed A/T 2009 di situs listing OLX rata-rata dijual di rentang harga Rp190 juta hingga Rp205 juta. Sementara Toyota Fortuner tahun yang sama juga memiliki banderol yang hampir sama yakni Rp190 juta hingga Rp210 juta.
 
Namun yang membedakan antara kedua merek itu adalah pilihan variannya dimana Mitsubishi Pajero Sport memiliki lebih banyak varian yang tentunya akan menawarkan banyak pilihan yang memang dibutuhkan oleh pemburu mobil bekas. Dengan harga yang sepadan, Mitsubishi Pajero Sport bekas memberikan nilai lebih dari segi kelengkapan.

Sejarah singkat Pajero Sport
 
Generasi Pertama
 
Pajero Sport generasi pertama dikenal dengan nama Mitsubishi Challenger yang dirilis pada 1996. Awalnya Challenger dibuat hanya untuk pasar domestik Jepang. Pada 1997 mulai diekspor dengan nama berbeda di setiap negara. 'Pajero Sport' untuk pasar Eropa, Montero Sport untuk Amerika, Shogun Sport di Inggris, dan Strada G-Wagon di Thailand.

Generasi Kedua
 
Pajero Sport generasi kedua mengusung konsep All Round Family Sport Utility Vehicle (SUV). Pajero Sport generasi inilah yang pertama kali masuk ke Indonesia pada 2009.

Saat itu Pajero Sport dilengkapi mesin 4D65 4 silinder in-line 2.5L DOHC Commonrail Turbocharged and Intercooled bertenaga maksimum 136 ps dan torsi maksimum 324 Nm. Di Indonesia hadir dalam empat varian: GLX 4x4 M/T, Exceed 4x2 A/T, Exceed 4x4 A/T dan GLS M/T.

Dua tahun kemudian Mitsubishi Motors memberi tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Commonrail ini agar lebih bertenaga namun efisien bahan bakar. Mesin ini digunakan pada varian teringgi Dakar.

Pada 2013 Pajero Sport mengalami penyegaran di eksterior dan interior menjadi semakin sporti, dinamis, dan agresif. Hadir dalam varian Exceed, GLX dan Dakar, Sementara varian GLS dihapus dari lini produk.

Memasuki 2014 hadir varian Pajero Sport bermesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga sebesar 220 PS, dengan suara yang lebih halus serta emisi gas buang yang rendah.

Generasi Ketiga
 
Pajero Sport generasi ketiga hadir di awal 2016 dengan tampilan khas Mitsubishi Dynamic Shield di bagian depan. Dapur pacunya juga hadirnya mesin baru 4N15 2,4L MIVEC dengan tenaga maksimal 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm, lengkap dengan pilihan transmisi otomatis 8 percepatan. Ditawarkan dalam lima varian, yaitu Exceed 4x2 M/T, Exceed 4x2 A/T, GLX 4x4 M/T, Dakar 4x2 A/T, dan Dakar 4x4.

BERITA TERKAIT