03 December 2020, 04:25 WIB

Mobil Listrik Lexus UX 300e Debut di Indonesia


Nurtjahyadi | Otomotif

LEXUS Indonesia dengan bangga menghadirkan compact luxury crossover SUV bertenaga baterai/battery electric vehicle (BEV) yang pertama dari Lexus. Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara dan merupakan implementasi dari komitmen untuk visi Lexus Electrified.

"Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia, terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious," kata General Manager Lexus Indonesia Meinisa, pekan lalu.

UX 300e mengusung baterai lithium-ion berkapasitas tinggi dikombinasi motor listrik yang mampu menghasilkan daya hingga 201 hp dengan torsi 300 Nm. Kendaraan ini memiliki kemampuan jelajah sejauh 300 km berdasarkan uji WLTP (world harmonized light-duty vehicles test procedure).

Lexus UX 300e yang dikembangkan dari basis Lexus UX series memiliki tampilan eksterior khas, seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED projector headlights, dan sebuah inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal yang sangat atraktif, terutama di malam hari.

Lexus UX 300e juga dilengkapi dengan kemudahan-kemudahan khas Lexus yang menunjang kenyamanan, seperti halnya power back door with kick sensor.

Bagian interiornya mengusung tema Human-Centered Cockpit dengan kelengkapan yang terfokus kepada pengemudi dan penumpang. Selain digital optitron tachometer, terdapat head-up display (HUD) yang menampilkan informasi seperti kecepatan dan daya baterai.

Kendaraan listrik ini juga dilengkapi electronic drive selector yang terinspirasi dari Lexus LC, yang menggantikan persneling konvensional untuk pengalaman mengemudi layaknya sebuah Lexus flagship.

Fitur keselamatan

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan ada beberapa perbedaan antara UX reguler dan UX 300e, di antaranya adalah fitur panoramic dan perangkat audio premium dengan 13 speaker Mark Levinson Surround Sound System yang menjadi standar di UX 300e.

Selain center display berukuran 10,3 inci, UX 300e juga memiliki audio switch khusus, untuk penumpang pada bagian arm rest untuk menciptakan efisiensi dalam mengontrol sistem multimedia.

Untuk fitur keamanan terdapat 8 SRS airbags, blind spot monitor di kaca spion, serta panoramic view monitor yang dapat memperlihatkan semua sisi Lexus UX 300e di layar depan dan all-around parking sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit.

Teknologi keselamatan aktifnya mengusung 4 fitur utama, yaitu Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Lexus UX 300e yang dijual dengan banderol Rp1,245 miliar on the road Jakarta ini dilengkapi 8-Year Complete Warranty tanpa batas kilometer, termasuk baterai. Selain itu terdapat 5 Years Free Service & Parts tanpa batas kilometer untuk kenyamanan para pelanggan.

Setiap pembelian UX 300e disertai stasiun pengisian listrik pribadi AC Wall Charger di rumah dan sebuah household socket charging cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Lexus UX 300e juga bisa memanfaatkan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT PLN di beberapa lokasi di Jakarta. (S-1)

BERITA TERKAIT