17 September 2020, 05:15 WIB

Maserati MC20 Hadir di Indonesia Awal 2021


(Cdx/S-1) | Otomotif

PRODUSEN mobil Italia mengumum-kan peluncuran super sports carterbarunya, Maserati MC20, yang memadukan performa, sporty, dan kemewahan dalam rancangan unik.

MC20 melakukan debut dunianya di acara MMXX: Time to be Auda-cious yang digelar secara megah di Modena, Italia, pada Rabu (9/9).

Nomenklatur MC20 merupakan sebuah kode, MC untuk Maserati Corse dan 20 untuk 2020 sebagai world premiere serta dimulainya era baru. Pabrikan Italia ini begitu menganggung-agungkan mesin ba-runya.

Pasalnya, mesin yang dina-mai Nettuno ini sekaligus menandai kembalinya Maserati dalam mem-produksi mesin sendiri setelah absen selama lebih dari dua dekade.Nettuno menjadi mesin pertama dalam babak baru sejarah pabrikan berlogo Trident tersebut.

Nettuno mengusung teknologi MTC (Maserati Twin Combustion) yang sudah mengantongi paten interna-sional. Teknologi ruang pembakaran ganda ini juga diadopsi oleh mesin-mesin balap Formula 1.

Dengan kapasitas hanya 3 liter, mesin V6 twin turbo ini sanggup menyajikan tenaga hingga 621 hp berikut torsi puncak sebesar 730 Nm. Alhasil untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan kurang dari 2,9 detik dengan kecepatan maksimal lebih dari 325 km/jam.

Selain mesin yang perkasa, MC20 juga didukung bobotnya yang sangat ringan, kurang dari 1.500 kg. Hal itu membuat Maserati MC20 menjadi super sports car terbaik di kelas-nya dalam rasio bobot dan tenaga, yakni 2,33 kg/hp.

Penggunaan serat karbon dan material pilihan menjadi kuncinya.Maserati MC20 dilengkapi sepasang pintu ala kupu-kupu yang tidak ha-nya atraktif, tetapi juga fungsional untuk meningkatkan nilai ergonomi kendaraan.

Hal itu sekaligus meng-optimalkan akses masuk maupun keluar kabin.Peluncuran model produksi mobil ini dijadwalkan dimulai akhir tahun ini, dengan pesanan mulai diterima pada 9 September 2020, usai debut-nya di dunia.

Adapun di Indonesia sendiri, Managing Director Maserati Indonesia Jason Broome mengata-kan Maserati MC20 baru akan hadir awal 2021.

Menyoal harga, Maserati MC20 dibanderol di Amerika Serikat di kisaran US$210.000 atau sekitar lebih dari Rp3 miliar, adapun di Inggris dilabel mulai 187.230 poundsterling atau sekitar Rp3,5 miliar lebih. Diperkirakan, mobil ini sampai di Indonesia dengan harga sekitar Rp9 miliar. (Cdx/S-1)

BERITA TERKAIT