10 September 2020, 23:42 WIB

Mengungkap Kecanggihan Mesin Nettuno Maserati


mediaindonesia.com | Otomotif

MASERATI Indonesia baru saja mengumumkan rencana untuk meluncurkan model super sportcar baru MC20 pada awal 2021 mendatang. Kebanggaan produsen mobil asal Italia ini pada mesin Nettuno yang diusungnya cukup menarik perhatian.

Mesin berkapasitas 3.0 liter V6 twin turbo ini sanggup menyajikan tenaga hingga 621 hp pada 7.500 rpm dengan sebesar 730 Nm pada 3.000-5.500 rpm. Alhasil untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan kurang dari 2,9 detik dengan kecepatan maksimal lebih dari 325 km/jam.

Nettuno diklaim memiliki teknologi turunan langsung dari mesin balap Formula 1. Pembangkit tenaga ini memiliki sistem ruang pra pembakaran (pre-chamber combustion system) dengan busi ganda di setiap silindernya. Teknologi ini baru pertama kali diterapkan pada mobil jalan raya.
 
Ruang pra pembakaran ini persis berada tengah bagian atas digabungkan bersama busi konvensional, terletak di antara ruang bakar konvensional dan pusat elektroda busi pertama, serta terhubung oleh beberapa lubang yang dirancang khusus. Sistem ini berfungsi untuk mendukung pembakaran pada saat beroperasi pada tingkatan rendah. 

Busi kedua berada di bagian samping yang berfungsi memastikan kinerja mesin tetap optimal saat penggunaan ruang pra pembakaran tidak dibutuhkan. Perpaduan ini memastikan kinerja Nettuno selalu optimal di setiap rentang putaran. 

Selain itu Nettuno juga didukung twin injection system, direct and indirect. Di samping untuk membantu mengurangi kebisingan rendah pada rentang putaran, penerapan sistem injeksi ganda bertekanan 350 bar ini sekaligus berguna untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menekan emisi CO2.

Mesin Nettuno yang dilindungi oleh sejumlah hak cipta internasional ini dirancang di fasilitas perusahaan di Modena dan dikembangkan di Maserati Engine Lab. Rencananya mesin ini akan disematkan pada model-model Maserati lainnya selain di MC20. (S-4)

BERITA TERKAIT