06 June 2023, 20:57 WIB

Para Judo Indonesia Juara Umum di Kamboja


Dhika Kusuma Winata |

TIM para judo Indonesia memastikan diri menjadi juara umum di ajang Asean Para Games 2023 Kamboja. Atlet-atlet para judo sukses mendulang total 11 emas dan 5 perak. Hasil 11 emas itu melebihi target awal yang semula mengincar delapan emas.

Pada pertandingan yang berlangsung Youth Federation Hall, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (6/6), tim putra dan putri para judo Merah Putih di nomor blind judo beregu masing-masing mendulang emas.

Di sektor putra mampu unggul 2-0 atas Thailand di babak final. Tim putri yang juga bertemu Thailand di final menang identik 2-0.

Baca juga: Maulana Rifky Yavianda Torehkan Rekor di ASEAN Para Games

Pelatih kepala para judo Indonesia, Imam Kuncoro, memberikan apresiasi kepada anak didiknya atas hasil yang melebihi target.

"Alhamdulillah syukur kepada Tuhan dan blind judo ini sudah berhasil memenuhi target awal delapan emas dan alhamdulillah juara umum dengan mampu meraih 11 emas dan lima perak," kata Imam.

Baca juga: Tampil Tercepat, Eko Saputra Penuhi Target Emas di ASEAN Para Games 2023

Imam juga menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora dan NPC Indonesia yang telah sejak lama memberikan fasilitasi maksimal untuk training center di NPC Indonesia Solo. Tim para judo mempersiapkan tim selama delapan bulan.

"Sejak awal kami sudah memberikan motivasi kepada atlet bahwa di Kamboja nanti adalah pesta olahraga kalian karena sudah berlatih dengan sangat keras dan disiplin dan ini adalah hasil kami untuk membuktikan kepada Merah Putih," tambah Imam.

Hasil di Kamboja yang merupakan target antara akan menjadi batu loncatan menuju target utama di Asian Para Games Hangzhou 2023 dan Paralimpiade 2024 Paris.

"Sebetulnya Asean Para Games Kamboja ini adalah target antara kami menuju Asian Para Games Hangzhou, sepertinya akan ada enam atlet kita yang akan kami kirim ke Hangzhou," ujar Imam. (Dhk/Z-7)

BERITA TERKAIT