05 June 2023, 20:35 WIB

Raih Lebih dari 50 Medali Emas, Indonesia Kokoh di Puncak Klasemen Asean Para Games 2023


Dhika Kusuma Winata |

DUA hari setelah pembukaan Asean Para Games 2023 Kamboja, kontingen Indonesia sudah mendulang lebih dari 50 medali emas. Indonesia sementara mengukuhkan diri di puncak klasemen medali dengan 53 emas.

Sebanyak 23 medali emas diboyong para-atlet Indonesia, Senin (5/6). Puluhan emas tersebut disumbangkan dari tim para atletik, blind judo, para renang, para tenis meja, dan para angkat berat.

Atlet para angkat berat putra Margono sukses meraih dua medali emas dari kelas 65 kilogram dan nomor total kelas 65 kilogram. Margono yang ditargetkan membidik perak justru sukses menyabet dua emas.

Baca juga : Indonesia Semakin Kokoh dalam Perolehan Medali ASEAN Para Games 2023

Margono berhasil tampil percaya diri sepanjang pertandingan dan sukses meraih skor terbaik 161 poin dan total angkatan 467 poin untuk mengunci medali emas. 

Asean Para Games ini menjadi yang pertama kali dia ikuti meski persiapan singkat hanya dua bulan.

Baca juga : Semangati atlet Para Games, Kemenpora Kampanyekan #PARAJuara

"Persiapannya mengikuti Pelatnas NPC Indonesia di Solo saja karena pelatnas mandiri jadi ikut pelatnas di Solo dua bulan. Awalnya targetnya perak tapi alhamdulillah bisa membuktikan dengan dua emas," ujarnya.

"Sebelumnya saya pernah pelatnas juga untuk Asian Para Games 2018 tapi belum berhasil. Kemudian Asean Para Games Filipina juga malah gagal berangkat karena pandemi. Jadi, ini para games pertama yang saya ikuti dan alhamdulillah emas," tukasnya.

Dari para atletik, emas pertama dipersembahkan Rizal Bagus Saktyono untuk nomor lempar lembing F46 putra. Dia sukses mencatatkan lemparan 49,13 meter.

Firza Faturahman Listianto dari nomor sprint 200 meter T46 putra turut menambah raihan emas Indonesia. Nur Ferry Pradana juga menorehkan emas dari nomor sprint 100 meter T47.

Pada nomor 100 meter putra T37, Saptoyogo Purnomo memboyong emas. Emas juga ditorehkan Ahmad Fauzi dari nomor tolak peluru F37 dan nomor lari 100 meter T12 putri oleh Ni Made Arianti Putri. (Z-5)

BERITA TERKAIT