24 May 2023, 18:17 WIB

Timnas Voli Diharapkan Naikkan Prestasi ke Level Asia


Dhika Kusuma Winata |

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) mencanangkan agar voli Indonesia bisa mendongkrak prestasi di level Asia setelah sukses di Asia Tenggara ketika ajang SEA Games 2023 Kamboja. Sejumlah agenda di kancah Asia sudah menanti.

Timnas voli sukses menjadi juara umum di ajang SEA Games 2023. Mereka mendulang dua emas dari voli indoor putra dan voli pantai putra. Perak diraih tim voli pantai putri sedangkan perunggu diraih tim voli indoor putri.

Tim voli indoor putra bahkan juga mencatatkan hattrick emas tiga edisi beruntun. Torehan dua emas, satu perak, dan satu perunggu itu juga mampu dipertahankan dalam tiga edisi SEA Games.

Baca juga : Farhan Halim, Jagoan Servis Timnas Bola Voli Indonesia

"Bola voli indoor dan bola voli pantai sangat membanggakan (meraih emas di Kamboja). Ini luar biasa juga karena tiga kali SEA Games bola voli kita selalu menjadi juara umum," kata Ketua Umum PP PBVSI Imam Sudjarwo dalam acara penyambutan timnas voli di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (24/5).

"Ini membanggakan hattrick tiga kali emas, tiga kali perak, dan tiga kali perunggu. Ini bisa tercapai bukan begitu saja. Tetapi yang pasti ada semangat dari anak-anak kita, ada kerja keras, ada rasa kepahlawanan di situ," imbuhnya.

Baca juga : Ini Teknik Dasar Bola Voli yang Wajib Diketahui Pemula

Sudjarwo juga mengapresiasi tim voli Jakarta Bhayangkara Presisi yang sukses menembus final dan menjadi runner up Asian Men’s Club Volleyball Championship. Itu untuk pertama kalinya tim dari Indonesia mampu menembus final.

Di ajang tersebut, tiga pemain Jakarta Bhayangkara juga mendapat penghargaan libero terbaik, middle blocker terbaik, dan best outside hitter terbaik.

Juni nanti, giliran timnas voli indoor putri yang akan berlaga di AVC Challenge Cup for Women di Gresik. Timnas putra juga akan diberangkatkan ke Taiwan dan Iran untuk mengikuti kejuaraan internasional. Selain itu, PBVSI juga akan terus mempersiapkan tim menatap Asian Games 2023.

"Kita berharap bisa melanjutkan prestasi lebih tinggi yang bisa membanggakan," imbuh Imam.

Dalam kesempatan itu, PBVSI juga menurunkan bonus atas pencapaian di SEA Games Kamboja. Apresiasi diberikan kepada para atlet serta pelatih yang membawa Indonesia menorehkan capaian tiga kali beruntun juara umum.

Peraih medali emas masing-masing mendapatkan Rp35 juta, medali perak mendapatkan Rp25 juta, dan perunggu Rp20 juta.

Menpora Dito Ariotedjo yang juga hadir berpesan agar prestasi voli terus ditingkatkan seiring dengan industri olahraganya. 

"Yang pasti kita berharap bola voli Indonesia semakin maju dan terus berprestasi. Kita tahu voli Indonesia terus membanggakan Merah Putih. Kita lihat secara perspektif industri voli Indonesia semakin maju," kata Menpora. (Z-8)

 

BERITA TERKAIT