15 May 2023, 15:47 WIB

Rahmat Erwin Cetak Rekor Angkat Besi di SEA Games Kamboja


Dhika Winata |

Lifter Indonesia kembali unjuk kegemilangan memecahkan rekor di SEA Games 2023 Kamboja. Setelah Eko Yuli Irawan dan Rizki Juniansyah, giliran Rahmat Erwin Abdullah yang mencetak rekor baru di cabang olahraga angkat besi di ajang Asia Tenggara itu.

Rahmat Erwin menyabet medali emas dengan menorehkan tiga rekor pada final cabor angkat besi kelas 81 kilogram putra di Olympic Taekwondo Hall, Phnom Penh, Senin (15/5).

Rekor pertama diukirnya pada angkatan snatch dengan 158 kg melampaui catatan sebelumnya milik Rizki Juniansyah di SEA Games edisi Vietnam.

Baca juga: Rizki Juniansyah Raih Emas di Kelas 73 Kg SEA Games 2023

Pada angkatan clean and jerk, peraih perunggu Olimpiade Tokyo itu mebukukan angkatan 201 kilogram mengalahkan rekor milik atlet Thailand Suepsuan Natthawut di edisi Vietnam. Dari total angkatan, Rahmat juga melewati rekor Natthawut dengan total 355 kg.

Masih dari angkat besi, emas juga disumbangkan Tsabitha Alfiah Ramadani yang turun di nomor 64 kg putri.

Indonesia juga menambah emas melalui cabor sepak takraw. Nomor men's double yang diperkuat Saiful Rijal, Rusdi, dan Muhammad Hardiansyah Muliang, menang di final mengalahkan Malaysia.

Baca juga: Ini Kisah Perjuangan Dua Atlet Putri Wushu Peraih Medali Emas SEA Games 2023

Cabor gulat juga kembali menorehkan emas melalui Mutiara Ayuningtyas di nomor 53 kg putri. Emas yang disumbangkan Mutiara menjadi yang kelima dari cabor gulat.

Satu hari sebelumnya, empat emas ditorehkan dari dari nomor greco roman putra oleh Suparmanto di kelas 63 kg, Muhammad Aliansyah di kelas 67 kg, Andika Sulaeman di kelas 77 kg, dan Lulut Gilang Saputra di kelas 87 kg.

(Z-9)

BERITA TERKAIT