04 May 2023, 05:15 WIB

Alcaraz Melaju ke Semifinal Madrid Terbuka


Basuki Eka Purnama |

JUARA bertahan Carlos Alcaraz berhasil melaju ke semifinal Madrid Terbuka usai mengalahkan Karen Khachanov 6-4 dan 7-5, Rabu (3/5).

Unggulan teratas, yang akan berulang tahun ke-20 pada Jumat (5/5) itu, bangkit dari ketinggalan 4-1 dan 5-2 di set kedua untuk meraih kemenangan dalam waktu satu jam 52 menit.

Petenis peingkat dua dunia itu berhasil mengalahkan Alexander Zverev, Selasa (2/5), ulangan laga final tahun lalu di ibu kota Spanyol tersebut, tetapi Khachanov memberikan perlawanan yang lebih keras.

Baca juga: Alcaraz Melaju ke Perempat Final Madrid Terbuka

"Memenangi pertandingan ini akan memberi saya banyak kepercayaan diri, Karen berada di level yang hebat dan membawa saya ke batasnya," kata Alcaraz yang melepaskan 31 winner, seperti disiarkan AFP, Rabu (3/5).

"Itu ditentukan oleh detail kecil dan saya sangat, sangat senang bisa melewati babak ini," lanjutnya.

AFP/Thomas COEX--Petenis Rusia Karen Khachanov

Petenis Rusia Khachanov, yang mengalahkan rekan senegaranya Andrey Rublev, pekan ini, dan juga mencapai semifinal Australia Terbuka, tidak menunjukkan rasa takut pada set pertama meskipun lawannya tampil bagus.

Baca juga: Medvedev Disingkirkan Karatsev dari Madrid Terbuka

Akhirnya Alcaraz menemukan terobosan yang menentukan untuk memimpin 4-3 dengan pukulan forehand yang kuat yang tidak dapat dikembalikan Khachanov.

Di set kedua, Khachanov melakukan break untuk memimpin 3-1 tetapi Alcaraz melaju jauh setelah mengamankan break point pertama.

Petenis peringkat 12 dunia itu memaksakan dua lagi break pada gim keenam
tetapi juga tidak bisa mengonversi angka saat Alcaraz berjuang keras untuk bertahan.

Ketekunan Alcaraz terbayar saat dia melakukan pukulan untuk membalas pada kedudukan 4-5.

Juara Amerika SerikT (AS) Terbuka itu mengonsolidasikan break-nya dan kemudian mendapatkan satu lagi ketika pukulan Khachanov membentur net dengan percobaan forehand winner.

Memasang target untuk gelar level turnya yang ke-10, favorit tuan rumah Alcaraz menutup pertandingan dengan forehand yang kuat.

Alcaraz akan menghadapi Daniel Altmaier atau Borna Coric di semifinal Madrid Terbuka. (Ant/Z-1)

BERITA TERKAIT