29 March 2023, 08:15 WIB

Kontingen Lompat Galah Indonesia Tetap Bersiap ke SEA Games Meski Sembari Puasa


Basuki Eka Purnama |

PARA atlet lompat galah Indonesia, yang disiapkan untuk SEA Games 2023 Kamboja, terus mendapatkan gemblengan dari pelatih di Stadion Madya, Senayan Jakarta. Puasa Ramadan ternyata tidak menghalangi Idan Fauzan dkk dalam menatap kejuaraan dua tahunan itu.

Latihan normal di bawah pantauan pelatih Sainih tetap berjalan meski sejumlah modifikasi latihan diberikan demi menjaga kondisi fisik atlet dengan harapan menghindarkan diri dari cedera.

"Bertabrakan dengan bulan Ramadan, para atlet masih menjalankan ibadah puasa. Namun, kondisi kebugaran atlet cukup baik," kata Sainih di sela memimpin latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3).

Baca juga: Timnas Voli Putri tanpa Yolla di SEA Games 2023

Ada empat atlet lompat galah yang disiapkan untuk SEA Games 2023 Kamboja yakni Diva Renatta Jayadi, 21, Idan Fauzan, 23, Frederick Saputra, 26, serta satu atlet debutan Maria Andriani Melabessy, 17.

Terkait modifikasi latihan, Sainih menjelaskan bahwa latihan difokuskan pada sore hari. Selain untuk memaksimalkan atlet juga untuk menyesuaikan dengan waktu pertandingan di SEA Games nanti.

"Jadi, di SEA Games nanti, kami akan bertanding sore sekitar jam 4 hingga sekitar jam 7 malam. Oleh karena itu, dalam pelatihan ini, kami menyesuaikan waktu yang sama dengan jadwal pertandingan nanti," ungkap Sainih.

Baca juga: PP PTMSI Kukuh 6 Atletnya yang Ikut SEA Games Kamboja

Meski latihan sudah sesuai program, Sainih menjelaskan ada satu tantangan yang harus dihadapi atlet yakni soal berat badan.

"Atlet saya punya kendala berat badan. Salah satunya ada yang perlu dikurangi satu atau dua kilo berat badannya. Ada juga yang kekurangan dua kilo berat badannya," ujar Sainih.

Di SEA Games 2023 di Kamboja, 5-17 Mei, atlet lompat galah Indonesia diharapkan bisa menunjukkan kemampuan terbaik dengan meraih medali atau minimal bisa mencetak rekor lompatan pribadi.

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) menargetkan lima medali emas pada SEA Games 2023 Kamboja.

Ada beberapa nama yang diproyeksikan bisa menjadi yang terbaik yakni Maria Londa (lompat jauh putri), Eky Febri Ekawati (tolak peluru putri), Odekta Elvina Naibaho (marathon putri), Safwaturahman (lompat jauh putra), dan Abdul Hafiz (lempar lembing putra). (Ant/Z-1)

BERITA TERKAIT