04 February 2023, 19:03 WIB

Tim Rifle Putra Indonesia Terus Kejar Poin Menuju Olimpiade Paris


Akmal Fauzi |

TIM Rifle putra Indonesia berhasil meraih medali emas dari nomor 50m Rifle Tiga Posisi Beregu dalam dalam Kejuaraan Menembak ISSF World Cup 2023 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Sabtu (4/2). Hasil itu jadi modal apik Fathur Gustafiar/Mohammad Hasan Busri/Trisnarmanto untuk mengejar poin menuju Olimpiade Paris 2024.

Fatur Gustafiar dkk mengalahkan wakil Kazakhstan Islam Satpaev/Matvey Timofeyev/Konstantin Malinovskiy dengan skor telak 17-3. Fathur mengambil posisi berdiri, Trisnarmanto membidik sasaran dengan kneeling atau berlutut, dan Hasan Busri mengambil posisi tiarap.

Sejak awal pertandingan, wakil Merah Putih langsung tancap gas meninggalkan Kazakhstan dengan poin 4-0. Kazakhstan sempat mengimbangi permainan Indonesia pada tembakan ketiga dengan sama-sama meraih 31,3 poin. Ledua tim berbagi angka 1-1 yang mengubah skor menjadi 5-1.

Kendati demikian, poin demi poin terus dihasilkan Fathur dkk. Indonesia pun memastikan medali emas dengan kemenangan 17-3 dari total 10 ronde. Kazakhstan harus puas dengan perak. Sementara Austria meraih medali perunggu usai mengalahkan Korea Selatan 16-8.

"Pada kualifikasi tahap pertama, kami berada di peringkat keempat. Lalu kami masuk ke kualifikasi tahap kedua dan tampil baik. Kami bertiga saling menguatkan dan hasilnya tim ini kuat. Jadi bukan karena satu orang, tetapi karena kami saling melengkapi," kata Fathur.

Hasil ini jadi modal penting untuk tim yang baru dipasangkan di nomor Rifle. Ini juga jadi medali pertama yang disumbangkan untuk Indonesia. Hasil ini juga jadi modal baik untuk mengejar poin menuju Olimpiade Paris 2024.

"Kejuaraan ini juga masuk kualifikasi (Olimpiade Paris 2024), masuk hitungan. Ini medali pertama kami," kata Fathur.

Selanjutnya, kata Fathur, ia bersama tim akan fokus persiapan menuju Kejuaraan Asian Airgun Rifle/Pistol 2023 yang akan berlangsung awal Maret nanti di Jakarta. "Kami siapkan untuk Maret ada Asia Airgun ,baru setelah itu Asian Games dan setelah itu kami terus nyari kuota untuk Olimpiade," ujarnya.

Dengan tambahan satu medali emas dari nomor 50m Rifle Tiga Posisi Beregu Putra, Indonesia naik tiga tingkat ke posisi kelima klasemen medali sementara dengan meraih dua emas dan tiga perunggu.

Sebelumnya emas juga diraih Arista Perdana Putri Darmoyo/Muhammad Iqbal Raia Prabowo pada nomor 10m Air Pistol Tim Campuran. Lalu perunggu dari Iqbal Raya di nomor 10m Air Pistol Putra, Audrey Zahra Dhiyaanisa/Khairunnisa Salsabela/Masayyu Putri di nomor Air Rifle Beregu Putri, dan Lily Sulistyadewi Tirthajaya/Rihadatul Asyifa /Arista Perdana Putri Darmono yang turun di nomor Air Pistol Beregu Putri.

Sedangkan Hungaria masih kokoh di puncak klasemen medali dengan tiga emas dan satu perak. Kazakhstan membayangi di urutan kedua dengan dua emas, empat perak, dua perunggu. Lalu Austria dan Korea Selatan berbagi tempat di posisi ketiga dengan sama-sama mengoleksi dua emas, dua perak, tiga perunggu.

Kejuataan ini masih akan bergulir hingga Selasa (7/2). Masih ada beberapa nomor perlombaan yang tersisa, termasuk nomor 50m Rifle 3 Posisi Beregu Putri pada Minggu (5/2). (OL-8)

BERITA TERKAIT