02 February 2023, 17:59 WIB

Jakarta Elektrik PLN Telan Kekalahan Keenam


Dhika kusuma winata |

TIM putri Jakarta Elektrik PLN kembali menelan kekalahan keenam secara beruntun pada Proliga musim 2023. pada hari pertama putaran kedua yang berlangsung di GOR Tridharma Gresik, Kamis (2/2), mereka takluk 2-3 dari Jakarta BIN dan belum mampu keluar dari tekanan.

Hasil itu menambah panjang daftar kekalahan Jakarta Elektrik PLN yang pada putaran pertama juga belum bisa mendulang kemenangan. Meski sempat mencuri set dua dan tiga, Jakarta Elektrik PLN gagal memanfaatkan momentum dan menyerah dengan 17-23, 25-18, 26-24, 19-25, dan 15-17.

Posisi tim asuhan pelatih Ziya Rajabov itu pun masih terbenam di dasar klasemen. Asisten Pelatih Jakarta Elektrik PLN, Maman Suparman, menilai timnya kurang beruntung meski kesempatan terbuka lebar.

"Pertahanan kita agak longgar, apalagi pemain lokal banyak yang masih junior, mentalnya masih perlu diasah lagi. Tosser kami juga agak kurang jeli mengatur strategi sehingga serangan mudah dibaca lawan," ucapnya.

Pada laga ini, Jakarta Elektrik lebih banyak bertumpu pada dua spiker asingnya Katerina Zidkova dan Odina Zayniddinovna. Maman mengakui kekalahan keenam beruntun ini bakal makin sulit mengangkat mental para pemain.

"Seandainya putaran pertama bisa menang sekali saja, mungkin mental anak-anak tidak drop benar," tambahnya.

Bagi Jakarta BIN, kemenangan itu untuk sementara mengantarkan mereka naik satu posisi ke peringkat tiga dengan poin 9 menggeser Gresik Petrokimia. Ratri Wulandari dan kawan-kawan membidik babak empat besar yang semakin terbuka lebar.

"Syukur alhamdulillah hari ini bisa menang, meskipun dengan perjuangan berat karena lawan juga bermain solid," kata Asisten Pelatih Jakarta BIN, Alam Hadi Kosasih.

Pada laga seri pertama putaran kedua ini, Jakarta BIN menurunkan pemain asing baru asal Brazil, Fernanda Tome yang menggantikan Jin Ye asal Tiongkok. Tome yang baru datang Senin (30/1) lalu dinilai wajar belum maksimal dan masih perlu adaptasi. Meski begitu, Alam menyebut secara keseluruhan kontribusinya cukup bagus.

Kapten tim Jakarta BIN, Ratri Wulandari, menilai meski berhasil merebut kemenangan permainan skuad masih belum maksimal terutama untuk penerimaan bola servis.

"Itu (receive) berpengaruh sekali ke permainan, tapi secara keseluruhan progresnya makin bagus," ujarnya.(PBVSI/OL-4)

BERITA TERKAIT