26 January 2023, 10:30 WIB

Ganjar Pranowo Lelang Sepeda untuk Dukung Atlet SOIna


Basuki Eka Purnama |

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo melelang sepeda kesayangannya, yang kemudian terjual Rp1,1 miliar, untuk mendukung atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) berlaga di ajang Special Olympics World Summer Games di Berlin, Jerman.

Sepeda lipat jenis e-bike berwarna oranye-hitam milik Ganjar itu dilelang dalam acara malam penggalangan dana dan gala dinner Special Olympics di Museum Indonesia, kawasan Monas Jakarta, Rabu (25/1) malam.

Sepeda itu dibuka dengan harga lelang Rp500 juta dan laku dilelang seharga Rp1,1 miliar.

Baca juga: Ganjar Izinkan Bupati-Wali Kota Se-Jateng Alihkan Alokasi Bantuan untuk Pengentasan Kemiskinan

"Ini sepeda spesial, sepeda ini gak ada duanya. Pabriknya datang ke saya karena saya suka sepeda dan ditawari ini. Ini cari di pabrik yang buat gak bakal ada. Soalnya ini saya pesan khusus dan ada nama saya diukir di sepeda ini," kata Ganjar.

Ganjar, yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina SOIna, menyebut sepedanya yang dilelang itu spesial karena sering digunakan selama berkegiatan olahraga pagi sambil menyapa masyarakat.

"Karena ini untuk anak-anak kita yang hebat ini, saya cari sepeda yang paling bagus. Saya agak sedih sebenarnya, makanya kalau nyumbangnya sedikit saya lebih sedih lagi," ujarnya.

Lebih lanjut Ganjar mengungkapkan bahwa dirinya sempat melihat perjuangan atlet SOIna di Dubai dan merasa terharu melihat upaya mengibarkan bendera Merah Putih.

"Dan saya diminta mengalungkan medalinya. Itu luar biasa, anak-anak kita yang spesial ini punya semangat yang harus kita dukung penuh. Semoga di Berlin besok mereka tambah semangat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di sana," katanya.

Selain sepeda Ganjar, ada juga barang-barang milik Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menpora Zainudin Amali, Menpan-RB Azwar Anas yang dilelang dalam acara itu. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT