25 January 2023, 10:27 WIB

Gerakan Pivot Bermanfaat untuk Apa? Ini Penjelasannya


Meilani Teniwut |

MELIHAT judul artikel pasti kalian bertanya-tanya, apa sih yang dimaksud pivot? Namun bagi kalian yang suka bermain basket, tak asing dengan istilah tersebut.

Basket memang memiliki banyak strategi dan teknik, salah satunya pivot. Namun untuk mengetahui apa itu pivot, yuk simak artikel berikut.

1. Apa itu Gerakan Pivot?

Dikutip dari laman resmi Internasional Basketball Federation/FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), pivot adalah gerakan berputar yang bertumpu pada satu kaki dan kaki lainnya bergerak ke segala arah. Dalam bahasa inggris pivot mengandung arti poros atau sumbu.

Teknik ini juga merupakan gerakan menipu lawan yang menjadi salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket yang harus dikuasai oleh para pemain. Selain itu, teknik pivot dapat digunakan untuk melindungi bola dari lawan dan menipu pergerakan lawan.

2. Manfaat Gerakan Pivot

Gerakan pivot ini bertujuan untuk menyelamatkan bola agar tidak sampai direbut dan lepas ke tangan lawan. Maka dari itu pebasket pun kerap memakai gerakan ini saat berlaga.

Selain melindungi bola dari ancaman lawan, pivot bisa digunakan untuk hal lain. Seperti pada saat pemain melakukan trik sebelum menembak ke arah ring lawan. Bisa juga membuat lawan nantinya tertipu oleh gerakan pivot. Karena ini membuat pihak lawan sulit menebak ke arah mana nanti pemain yang dihadangnya bergerak untuk melewatinya.

Lebih lanjut, gerakan pivot ini tidak bisa sembarangan dilakukan. Pemain sebisa mungkin harus menguasai tekniknya karena gerakan ini tentu sangat besar manfaatnya bila mampu melakukannya dengan baik.

3. Cara Melakukan Gerakan Pivot

Gerakan pivot dalam bola basket perlu dipahami dan dikuasai dengan baik karena merupakan salah satu sumber foul. Gerakan pivot akan berakibat foul apabila langkah yang diambil terlalu banyak, jenis foul ini biasa dikenal foul travel.

Berikut ini adalah langkah melakukan gerakan pivot, sebelum kamu bermain di lapangan:

  • Tentukan kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan dalam gerakan pivot.
  • Arahkan badan untuk memutar sesuai kebutuhan disesuaikan dengan kaki yang dijadikan tumpuan.
  • Kaki yang dijadikan tumpuan tidak boleh bergerak pada saat memutar badan. 
  • Setelah selesai melakukan pivot, langsung membalikan badan ke posisi awal untuk melanjutkan permainan. 

Demikian infomasi mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan bola basket. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kalian.(OL-5)

BERITA TERKAIT