25 January 2023, 06:30 WIB

Presiden Ukraina Minta Atlet Rusia Dilarang Bertanding di Olimpiade 2024


Basuki Eka Purnama |

ATLET Rusia harus dilarang tampil di Olimpiade Paris 2024. Hal itu ditergaskan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kepada Presiden Prancis Emmauel Macron, Selasa (24/1), saat invasi Rusia ke Ukraina telah berlangsung selama 11 bulan.

"Saya dengan tegas menekankan bahwa atlet asal Rusia seharusnya tidak bertanding di Olimpiade di Paris," tulis Zelensky di Telegram setelah berbicara dengan Macron via sambungan telepon.

Rusia melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari tahun lalu, beberapa hari setelah penutupan Olimpiade Musim Dingin Beijing.

Baca juga: Presiden IOC Dilema Soal Partisipasi Atlet Rusia

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dengan segera menjatuhkan sanksi kepada Rusia dan Belarus, negara tetangga Rusia yang dijadikan basis untuk melancarkan serangan ke Ukraina.

Tidak ada kejuaraan olahraga yang digelar di Rusia dan Belarus selepas invasi itu dan simbol kedua negara telah dihapus dari kompetisi olahraga besar.

Presiden IOC Thomas Bach, tahun lalu, mengatakan berharap sanksi olahraga terhadap Rusia dan Belarus berlanjur ke 2023 sembari mengharapkan Ukraina bisa tampil apik di Olimpiade Paris 2024 dan Olimpiade Musim Dingin 2026 di Italia.

Zelensky, Desember lalu, menyerukan agar seluruh atlet Rusia dilarang tampil di smeua kejuaraan dunia.

Presiden Ukraina itu juga dengan tegas menolak pandangan Komite Olimpiade Amerika Serikat (AS) bahwa atlet Rusia dan Belarus bisa tampil di Olimpiade Paris 2024 di bawah bendera netral. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT