24 January 2023, 22:51 WIB

Lompat Kangkang: Pengertian, Sejarah, dan Cara Melakukan


Joan Imanuella Hanna Pangemanan |


DALAM olahraga senam terdapat salah satu gerakan yang disebut dengan lompat kangkang. Lompat kangkang adalah salah satu teknik senam lantai yakni melompati benda dengan cara kangkang. Lompat kangkang disebut juga dengan straddle vault. 

Lompat kangkang dilakukan dengan gerakan melompati boks senam (peti) dengan posisi kaki membuka (kangkang). Lompat kangkang melewati peti berguna untuk melatih kekuatan otot tangan dan kaki. 

Sejarah lompat kangkang

Pada umumnya, lompat kangkang tidak dilakukan dengan boks senam atau peralatan serupa. Seiring waktu, dibuatlah pelana kuda secara sederhana dengan bentuk memanjang dan digunakan untuk kompetisi.

Pada olimpiade modern pertama yang diadakan di Athena pada 1896, olahraga lompat ialah disiplin terpisah yang dimenangkan oleh Carl Schuhmann dari Jerman. Lalu, tujuh tahun kemudian di kejuaraan dunia pertama di Antwerp, Belgia, long horse ialah salah satu dari banyak rutinitas wajib. 

Cara pelaksanaan lompat kangkang

1. Lari beberapa langkah. Pada langkah terakhir, kaki menolak sehingga badan melenting ke depan.
2. Kedua tangan lurus ke depan dan bertumpu pada peti lompat atau punggung teman. 
3. Pada saat bertumpu, kedua kaki mengangkang menyamping agar dapat melewati peti lompat atau badan teman. 
4. Ketika kaki di atas peti lompat atau badan teman, tolakkan tangan sehingga tubuh melenting ke depan. Kedua kaki merapat lurus ke depan lalu mendarat dalam posisi kaki merapat.

Manfaat lompat kangkang

- Otot menjadi lebih kencang. 
- Menyeimbangkan tubuh. 
- Membentuk tubuh. 
- Membuat tubuh lebih lentur. 
- Menjaga kebugaran tubuh. (OL-14)

BERITA TERKAIT