24 January 2023, 12:06 WIB

Rybakina Melaju ke Semifinal Australia Terbuka


Basuki Eka Purnama |

JUARA Wimbledon Elena Rybakina melaju ke semifinal Australia Terbuka pertamanya setelah membukukan kemenangan 6-2 dan 6-4 atas petenis Latvia Jelena Ostapenko, Selasa (24/1).

Petenis unggulan ke-22 itu mengalahkan mantan juara Prancis Terbuka yang merupakan unggulan ke-17 dalam tempo 1 jam dan 19 menit di Rod Laver Arena.

Di babak semifinal, Rybakina akan berhadapan dengan pemenang laga antara petenis Amerika Serikat (AS) Jessica Pegula dan petenis Belarus Victoria Azarenka.

Baca juga: Vekic Mengaku Nyaris Pensiun Dua Kali

"Saya sangat senang bisa mencapai babak semifinal untuk pertama kalinya," ujar Rybakina.

Petenis Kazakhstan itu mengatakan optimistis bisa mengalahkan siapa pun setelah menyiungkirkan petenis nomor satu dunia Iga Swiatek, Minggu (22/1).

Di laga perempat final, Rybakina memgambil kendali lebih dulu dengan mematahkan servis Ostapenko dan melesakkan tiga servis aces untuk unggul 3-1 di set pertama.

Dia kemudian mendapatkan peluang break point saat unggul 30-40 namun awan gelap menghentikan momentum Rybakina.

Kedua petenis berlari meninggalkan Rod Laver Arena saat atap stadion dipasang dan lapangan dipel.

Setelah laga bergulir kembali setelah terhenti selama setengah jam, Ostapenko menghentikan momentum Rybakina. Namun, Ostapenko tidak bisa mengatasi keagresifan Rybakina yang meraih break point, dua poin kemudian.

Rybakina memenangkan set pertama dalam tempo 32 menit.

Ostapenko bangkit di set kedua. Dengan mengandalkan groundstrokenya, dia ungul 2-0.

Namun, Rybakina tetap tenang untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Saat kedudukan 6-5, Rybakina melihat dua match point diselamatkan oleh Ostapenko sebelum servis aces yang ke-11 memastikan dirinya meraih kemenangan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT