24 January 2023, 04:30 WIB

Kalahkan Rune Lewat Pertarungan Lima Set, Rublev ke Perempat Final Australia Terbuka


Basuki Eka Purnama |

ANDREY Rublev menembus perempat final Australia Terbuka setelah memainkan drama lima set melawan Holger Rune di Rod Laver Arena, Melbourne, Senin (23/1) WIB.

Pada pertarungan antara dua mantan petenis nomor satu junior itu, Rublev menang 6-3, 3-6, 6-3, 4-6, dan 7-6 (11-9).

"Secara mental, hari ini benar-benar di luar kendali saya. Saya banyak mengalami kesulitan," kata Rublev seperti dikutip AFP.

Baca juga: Kalahkan Minaur, Djokovic kian Dekati Gelar Australia Terbuka

"Ya itu keberuntungan. Saya tidak tahu bagaimana jika keberuntungan itu tidak datang. Khususnya, saat tertinggal 2-5 (pada set kelima), entah bagaimana saya mampu menang. Saya sempat beranggapan ini sudah selesai," sambung dia.

Pada pertandingan berikutnya, Rublev akan menghadapi unggulan keempat asal Serbia Novak Djokovic, yang menang tiga set langsung atas Alex de Minaur.

Dalam situasi kedua petenis kurang tajam saat melakukan servis, Rublev mematahkan servis Rune untuk unggul 4-2 pada set pertama. Namun, pengembalian-pengembalian Rune membantu menciptakan peluang dan balas mematahkan servis Rublev ketika pukulan baseline petenis Rusia itu mengenai net.

Double fault yang dilakukan Rune membuat Rublev mendapatkan keuntungan, dan unggulan kelima itu tidak melakukan kesalahan saat melancarkan servis untuk memenangi set pertama dalam waktu 37 menit.

Rune tidak mengendur pada 12 menit pertama gim pembukaan set kedua. Dia membalikkan keadaan untuk mematahkan servis Rublev dan unggul 3-1, untuk selanjutnya memenangi set tersebut.

Set ketiga menjadi milik Rublev. Ia mendulang kemenangan pada gim keenam set berikutnya setelah mematahkan tiga break point Rune, dan memenangi set tersebut.

Tertinggal dua set, Rune sempat menghubungi pelatihnya untuk melakukan apa yang terlihat seperti tes tekanan darah. Ia kemudian mampu bangkit dan mematahkan serve Rublev pada kedudukan 4-2, untuk memenangi set kelima.

Pada set terakhir, Rune sempat mengungguli Rublev untuk memimpin 5-2, namun Rublev menggagalkan dua match point untuk membuat pertandingan harus diselesaikan dengan tiebreak. Pada tiebreak, Rublev bangkit dari tertinggal 3-7 untuk mengunci kemenangan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT